Google, Mozilla dan Microsoft Update Versi 100, Bisa Bikin Internet 'Rusak'

Siap-siap, beberapa situs web akan terblokir, loh!

Ilustrasi seseorang sedang mengakses internet (UNSPLASH/John Schnobrich)
Mon, 21 Feb 2022

Browser Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge akan memperbarui versi mencapai 100 dalam waktu dekat. Sayangnya, kenaikan ini berpotensi menyebabkan kekacauan di internet.

Dilansir dari BGM, pengembang telah memperingatkan dampak dari naiknya versi 100 ini bahwa beberapa situs web akan crash pada ketiga browser tersebut. Maka dari itu, perusahaan mencoba mengurangi dampak sebelum versi 100 diluncurkan.

Ketika ketiga browser tersebut mencapai nomor versi tiga digit (100 ada tiga digit angka), banyak situs web populer yang tidak bisa di akses. BGR mengatakan, pengujian telah menunjukkan situs web yang tidak akan berfungsi dengan Chrome, Firefox, dan Edge versi 100 akan mencakup Yahoo, Bethesda, T-Mobile, dan HBO Go.

Ilustrasi pencarian Google. (PIXABAY)

Oleh sebab itu, sampai sekarang hanya ada versi dua digit dari browser ini yang tersedia. Situs web lama yang hanya dapat membaca dua digit pertama dari dua versi, Firefox, Chrome dan Edge akan tampak menggunakan versi 100 untuk situs web ini dan memblokir browser yang terpengaruh untuk mengakses halaman.

Google dan Microsoft akan merilis versi ke-100 Chrome dan Edge mereka masing-masing pada 29 Maret mendatang. Sedangkan Mozilla Firefox akan mencapai tiga digit pada 3 Mei. Kini, ketiga perusahaan tersebut masih menjalankan eksperimen dan memperbaiki masalah untuk membuat peluncuran mereka semulus mungkin.

Melalui pembaruan ini, salah satunya adalah browser memaksa pengembang web untuk meningkatkan versi agar dapat menerima nomor versi tiga digit. Beberapa pengembang telah melakukan ini, namun ada beberapa yang belum.

Berita Lainnya