Jaringan 3G Dimatikan, Apa Dampak Penggunanya?

Ponselmu udah 4G LTE belum?

Ilustrasi Iphone 12 yang akan dijual tanpa charger dan headphones. (UNSPLASH)
Sun, 20 Mar 2022

Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi Indonesia (ATSI), Marwan O Baasir mengungkap anggota operator mendukung salah satu kebijakan pemerintah tentang dimatikannya jaringan 3G.
Menurutnya, cara ini dilakukan agar operator bisa melakukan penataan ulang dan memanfaatkan jaringan 4G.

"Atau bahkan digunakan untuk teknologi 5G, yang dalam kondisi saat ini jauh lebih efisien dari teknologi 4G," ujarnya di sebuah webinar, Rabu 16 Maret 2022, pada laman CNBC.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi menuturkan, alasan kebijakan ini adalah jaringan 3G yang dinilai sudah ketinggalan zaman dan memiliki beberapa kekurangan dibandingkan 4G LTE.
Lalu, apa saja sih dampak dimatikannya jaringan 3G?

iPhone 13. (Dok. INSIDER)

 

Kawula Muda enggak usah khawatir! Dimatikannya jaringan 3G ke 4G LTE, membuat kecepatan internet akan lebih cepat.
"Kalau pelanggan memiliki perangkat 4G, maka (setelah 3G dimatikan) layanan 4G akan terasa lebih cepat dan kualitas layanannya lebih baik," ujar pengamat telekomunikasi Indonesia, Ian Yoseph, melansir dari laman Kompas.

Dari segi kecepatan, jaringan 3G memang lebih lambat dibandingkan 4G LTE, dengan kecepatan rata-rata 2 Mbps dan kecepatan maksimum hingga 14 Mbps saja.
Jaringan 4G LTE secara teknis mampu menghasilkan kecepatan unduh lebih cepat, yaitu antara 10 Mbps hingga 1 Gbps.
Adanya peningkatan pada kualitas suara, serta kualitas streaming dan kecepatan unduh yang lebih cepat ketika mengakses internet dengan sinyal 4G.

Untuk bisa menikmati jaringan 4G LTE, kamu harus menggunakan ponsel yang sudah menggunakan perangkat 4G LTE dan juga sudah berlangganan layanan 4G LTE.

Mengenai upgrade kartu SIM 3G ke 4G, Hendro mengatakan, operator seluler sejauh ini sudah berupaya membuat pelanggan 3G di Indonesia beralih ke 4G LTE secara natural.

Walau demikian, masih ada beberapa operator yang masih menggunakan jaringan 3G. Bila sinyal 3G di seluruh Indonesia benar-benar dimatikan total, maka pelanggan 3G-only yang tidak memiliki perangkat 4G itu bakal merasakan dampaknya secara langsung.

Berita Lainnya