KPAI Desak Kominfo Blokir Game Online Berbau Kekerasan dan Seksualitas

Lo setuju ga, Kawula Muda?

Ilustrasi KPAI desak Kominfo blokir game online berbau kekerasan dan seksualitas (Unsplash)
Wed, 17 Apr 2024


Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk tegas dalam peredaran game online yang berbau kekerasan dan seksualitas, Kawula Muda.

KPAI mendesak Kominfo untuk mengeluarkan regulasi untuk membatasi anak-anak menggunakan game online.

"Sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini Kominfo segera bertindak, keluarkan regulasi untuk membatasi anak-anak menggunakan game online, terutama game online yang menjurus kekerasan dan seksualitas," kata Komisioner KPAI Kawiyan dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Lebih lanjut, Kawiyan menilai sudah banyak kasus yang terjadi akibat dampak game online ke anak, mulai kasus pornografi anak hingga beberapa kasus pembunuhan yang berawal dari game online.

Ilustrasi KPAI desak Kominfo blokir game online berbau kekerasan dan seksualitas (Unsplash)

Kawiyan mendesak Kominfo untuk segera menerbitkan aturan untuk memblokir atau membatasi game online yang mengandung kekerasan dan seksualitas. Dia juga mendorong peran keluarga serta sekolah untuk mengawasi anak-anak.

"Kominfo harus tegas, blokir atau batasi. Selain itu, peran keluarga dan sekolah juga harus ditingkatkan, orang tua harus ketat mengawasi anak-anak kita saat main game online," ujarnya.

Gak cuma itu, Kawula Muda, Kawiyan juga menjelaskan dampak negatif kepada anak-anak akibat game online, seperti berkata kasar.

"Banyak dampak negatif bagi anak-anak kita, sekarang ini banyak anak-anak kita berkata kasar, seperti mampus, sialan karena kalah dan menang permainan game online. Sungguh sangat berbahaya game online itu bagi anak-anak kita," lanjut dia.

KPAI juga menuntut perusahaan game untuk ikut bertanggung jawab terhadap dampak buruk yang ditimbulkan ke anak-anak karena memainkan game tersebut.

"Perusahaan game juga harus bertanggung jawab. Dampak buruknya sudah luar biasa, jadi pemerintah dan kita semua jangan anggap enteng masalah ini, ini sudah serius dan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan khusus soal game-game online ini," tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan kalau pihaknya sudah memiliki regulasi untuk mengatur game online di Indonesia. Salah satunya klasifikasi game atau rating yang dikategorikan sesuai usia.

“Gini loh kami kan sudah membuat regulasi untuk semua game online, membuat rating,” katanya seperti dikutip dari Suara, Rabu (17/4/2024).

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya