Mark Zuckerberg Uji Sarung Tangan yang Dapat ‘Sentuh’ Objek Virtual

Sementara ini, rencananya masih khusus di dunia Metaverse dulu ya, Kawula Muda!

CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (Dok. FACEBOOK)
Fri, 12 Nov 2021

Lewat akun Instagramnya, Mark Zuckerberg mengunggah foto saat dia menggunakan sarung tangan dan virtual reality (VR). Sarung tangan yang digunakan oleh Mark Zuckerberg bukanlah sarung tangan biasa, melainkan sarung tangan yang dapat ‘merasakan’ sebuah objek’.

Hal itu diketahui dari keterangan unggahan Mark pada Rabu, 17 November 2021. 

Mark Zuckerberg saat menggunakan sarung tangan haptic dengan virtual reality (INSTAGRAM/ZUCK)

 

“TIm Reality Meta sedang mengerjakan sarung tangan haptic untuk menciptakan perasaan menyentuh yang realistik di Metaverse. Suatu hari, Anda dapat merasakan tekstur dan tekanan saat menyentuh objek virtual,” tulis Mark dalam keterangan unggahannya.

Haptic adalah teknologi yang mengaplikasikan sensasi sentuhan sehingga seseorang dapat merasakan seperti sedang menyentuh objek secara langsung. 

Dikutip dari Verge, sarung tangan tersebut memiliki sekitar 15 bantalan plastik bergerigi. Bantalan-bantalan tersebut diatur agar pas dengan telapak tangan, bagian bawah jari, hingga ujung jari pemakainya. 

Tim Facebook, yang kini menjadi Meta, diketahui telah mengembangkan teknologi sarung tangan haptic tersebut sejak 2014 lalu. Tepatnya, sarung tangan tersebut telah menjadi salah satu proyek ambisius Facebook semenjak mengakuisisi Oculus VR. 

Hal itu dikarenakan sarung tangan tersebut akan terhubung dengan virtual reality (VR) seperti yang sedang digunakan oleh Mark. 

Di bagian punggung tangan, terdapat sebuah tanda putih yang memungkinkan kamera menangkap gerakan jemari. Selain itu, sistem diketahui dapat mengatur level tekanan, sehingga dapat membuat sensasi tekanan yang berbeda di setiap jarinya. 

Berita Lainnya