Riset Temukan Gen Z Malu Pakai Android dan Setia pada iPhone

Lo tim Android atau iPhone, Kawula Muda?

Ilustrasi generasi Z di Amerika Serikat yang lebih memilih menggunakan iPhone (UNSPLASH/CARDMAPR)
Fri, 24 Feb 2023


Gen Z di Amerika Serikat menyebut mereka malu dan mendapat tekanan sosial apabila menggunakan ponsel Android. Karena itu, mayoritas Gen Z di negara Paman Sam tersebut lebih memilih untuk menggunakan iPhone dari Apple. 

Hal ini pun sesuai dengan laporan terbaru Financial Times. Disebutkan, 34% pengguna iPhone di Amerika adalah gen Z. Sementara itu, hanya 10% gen Z yang menggunakan ponsel Android Samsung. 

Ilustrasi generasi Z di Amerika Serikat yang lebih memilih menggunakan iPhone (UNSPLASH/CARDMAPR)

 

Generasi Z atau sering juga disebut dengan Gen Z merupakan generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi yang bergerak cepat tersebut memang menjadi konsumen utama dalam dunia teknologi dan telekomunikasi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan iPhone di Amerika Serikat mengalami peningkatan signifikan di kalangan Gen Z, dibandingkan dengan penggunaan smartphone Android. 

Menurut data dari Kantar Worldpanel, pada tahun 2020 sekitar 66,5% dari Gen Z di Amerika Serikat memilih menggunakan iPhone sebagai perangkat smartphone mereka. Sementara itu, hanya sekitar 25,3% yang memilih smartphone Android. Namun, data pembelian iPhone tersebut terus bertumbuh sebesar 35% pada 2019 dan menjadi 50% pada 2022. 

Salah satu alasan utama mengapa Gen Z memilih iPhone dibandingkan dengan Android adalah desainnya yang elegan dan tampilan antarmuka yang mudah digunakan. 

Fitur iMessage yang eksklusif pada iPhone juga memberikan tekanan tersendiri apabila para muda-mudi di negara tersebut tidak bertukar pesan melalui fitur tersebut. 

"Pesan berwarna hijau dari pengguna Android membuat percakapan menjadi tak menyenangkan, karena semuanya harus lewat SMS. Jadi tekanan sosial untuk menggunakan iPhone menjadi semakin gila," ujar Annelise Hillman, seorang gen Z Amerika seperti dikutip dari Detik.

Selain itu, pengalaman penggunaan iPhone yang mulus dan user-friendly juga menjadi daya tarik bagi Gen Z. Apple juga selalu menghadirkan fitur-fitur terbaru yang menarik bagi para penggunanya, seperti teknologi pengenalan wajah dan pembaruan sistem operasi terbaru.

Tidak hanya itu, iPhone juga dianggap sebagai alat yang lebih aman dan privacy-friendly dibandingkan dengan smartphone Android. Apple dikenal sangat memperhatikan privasi penggunanya dengan menyediakan fitur-fitur keamanan yang dapat melindungi data pribadi pengguna. 

Karena alasan tersebutlah, iPhone dinilai sebagai salah satu standar sosial bagi para generasi Z di Amerika Serikat. 

Berita Lainnya