Syarat-syarat Akun Email Aktif Agar Tidak Dihapus oleh Google

Yuk, cek akun Google lo, Kawula Muda!

Syarat akun Google agar tidak dihapus permanen (UNSPLASH)
Fri, 18 Aug 2023

Beberapa pengguna Google mengaku mendapat email peringatan terkait akun Google tidak aktif.

Melalui email resmi yang dikirimkan oleh Google kepada pengguna, Google menyebutkan bahwa pihak Google Accounts akan hapus akun Google tidak aktif beserta setiap konten di dalamnya mulai 1 Desember 2023.

Google menyebut, akun yang tidak aktif selama 2 tahun akan efektif dihapus mulai 1 Desember 2023 mendatang. Setelah akun Google dihapus, alamat Gmail untuk akun yang dihapus juga tidak dapat digunakan lagi saat membuat akun Google baru, Kawula Muda.

Google akan hapus akun tak aktif, bagaimana agar tidak ikut dihapus? (UNSPLASH)

Jika lo salah satu pengguna Google dan khawatir akan pemberitahuan ini, simak cara untuk tahu apakah akun Google lo aktif atau tidak di bawah ini!

Cara Google Cek Akun Google Aktif atau Tidak

Cek cara mengetahui akun Google aktif atau tidak (UNSPLASH)

Tentu saja, akun Google yang sedang digunakan dianggap aktif, Kawula Muda. Meski begitu, Google menuliskan beberapa tindakan yang mencakup penilaian akun Google aktif atau tidak seperti berikut ini:

1. Membaca atau mengirim email

2. Menggunakan Google Drive

3. Menonton video YouTube dengan akun Google

4. Membagikan foto

5. Menunduh aplikasi

6. Menggunakan Google Penelusuran

7. Menggunakan Login dengan Google untuk login ke aplikasi atau layanan pihak ketiga

Sebagai catatan, ketujuh tindakan di atas akan dihitung oleh Google jika Kawula Muda sudah login dengan akun Google terlebih dahulu.

Jika lo memiliki lebih dari satu akun Google, pastikan setiap akun digunakan dalam jangka waktu 2 tahun.

Apa yang Terjadi Jika Akun Google Tidak Aktif?

Syarat akun Google agar tidak dihapus permanen (UNSPLASH)

Kebijakan ini dilakukan Google untuk tetap menjaga privasi para pengguna agar mencegah akses tidak sah ke akun Google para pengguna.

Google menyebut berusaha meminimalkan durasi penyimpanan file dan data pribadi meski para pengguna sudah tidak menggunakan layanan Google.

Sebelum menghapus akun secara permanen, Google akan mengirimkan beberapa email pengingat dan email pemulihan akun (jika ada), email pengingat akan dikirim setidaknya 8 bulan sebelum melakukan tindakan kepada akun pengguna.

Jika akun Google lo tidak digunakan dalam waktu 2 tahun, Google akan menghapus secara permanen seluruh data dan konten di dalam akun Google tersebut.

Kawula Muda, sudah cek akun Google hari ini?

Berita Lainnya