WhatsApp Garap Fitur Reaction dengan Semua Emoji

Jadi bisa lebih 'berekspresi', Kawula Muda!

Ilustrasi WhatsApp. (RAWPIXEL)
Wed, 01 Jun 2022

Media sosial WhatsApp dikabarkan tengah menggarap ulang fitur reaksi (emoji). Kini, direncanakan  pengguna dapat memakai emoji apa pun yang tersedia. 

Sebelumnya, fitur reaksi hanya menyediakan enam jenis emoji, yakni jempol, hati, tertawa dengan air mata, wow, sedih, dan tepuk tangan. 

Ilustrasi menggunakan WhatsApp. (PIXABAY)

 

Dalam tahap uji coba, fitur tersebut akan aktif ketika pengguna menekan lama sebuah chat. Nantinya, pengguna dapat menekan tombol ‘+’ yang berada di ujung kanan. Setelahnya, akan muncul pilihan emoji yang dapat digunakan pengguna. 

Tak hanya pilihan emoji, WhatsApp juga berencana menambahkan beberapa warna kulit sebagai respons percakapan tersebut. 

Hingga kini, fitur reaksi WhatsApp tersebut telah tersedia di dalam versi beta lewat tahap uji coba. Adapun fitur tersebut telah tersedia untuk Android (WhatsApp beta 2.22.12.14) dan iOS (versi 22.12.0.70). 

“Kami sangat senang untuk berbagi bahwa reaksi emoji sekarang tersedia di versi terbaru aplikasi,” tulis WhatsApp dalam situs resminya ketika pertama kali mengumumkan adanya fitur tersebut. 

“Reaksinya menyenangkan, cepat, dan juga mengurangi kelebihan beban dalam kelompok. Kami akan terus meningkatkannya dengan menambahkan ekspresi yang lebih luas lagi di masa mendatang,” tambahnya.

Adapun ide tersebut muncul setelah adanya beberapa kritik bahwa pengguna tidak dapat benar-benar mengekspresikan diri. Hal itu dikarenakan emoji yang sangat terbatas. 

Sebelumnya, WhatsApp memang telah menggarap beberapa fitur terbaru. Beberapa di antaranya adalah menggandakan ukuran maksimum obrolan grup (maksimal 512 orang di satu grup) dan batas berbagi file hingga 2 GB.

Berita Lainnya