Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 22 2021

    12 Film Korea Terbaik Peraih Baeksang Awards yang Cocok Temani Waktu Libur, Bagian 1

    Kawula Muda, film-film ini merupakan film terbaik Korea selama satu dekade terakhir.

    Deretan film Korea terbaik yang berhasil meraih Baeksang Awards. (KOREABOO)

    Akhir-akhir ini film Korea mulai mendapatkan tempat di hati para penikmat film internasional. Apalagi ditambah dengan kesuksesan film Parasite yang berhasil memborong 4 piala Oscar sekaligus, termasuk sebagai film terbaik.

    Berikut ini deretan film Korea yang berhasil memenangi berbagai penghargaan bergengsi termasuk Best Movie dalam ajang penghargaan Baeksang Awards selama satu dekade terakhir. Ke-12 film Korea ini sangat cocok buat mengisi waktu libur kalian lho!

    1. Take Off (2010)

    Film ini bercerita tentang perjalanan sebuah tim nasional jumping ski pertama di Korea. Pada 1997, wilayah Muju mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2002.

    Pada saat itu, juri IOC yang bertanggung jawab memilih kota untuk menjadi tuan rumah sempat mengajukan pertanyaan bagaimana Korea bisa menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin tanpa memiliki tim nasional jumping ski. Karena itulah, Korea langsung membentuk tim nasional jumping ski.

    Take Off menjadi film kedua yang paling banyak ditonton di Korea Selatan pada 2009. Sesuai dengan cerita, pada saat film ini dibuat, masyarakat Korea masih belum banyak mengetahui tentang ski profesional. Jadi, film ini juga berfungsi untuk mengenalkan olahraga ski ke negara tersebut serta mendukung tim Olimpiade.

    Tidak hanya memenangi kategori Film Terbaik, Take Off juga berhasil memenangkan kategori Aktor Terbaik dalam Baeksang Awards 2010.

    2. The Man From Nowhere (2011)

    Film ini diperankan oleh Won Bin yang berperan sebagai Cha Tae Shik. Ia menjalani kehidupan yang tenang dengan mengelola sebuah pengadaian bersama dengan temannya bersama So Mi yang diperankan oleh Kim Sae Ron.

    Ibu Somi, Hyo Jeong (Kim Hyo Seo), adalah seorang pecandu heroin. Suatu saat Hyo Jeong kedapatan mencuri narkoba dari sebuah geng. Pimpinan geng yang bernama Oh Myung Gyu (Song Young Chang) kemudian mengirim anak buahnya, Man Seok (Kim Hee Won) dan Jong Seok (Kim Sung Oh), untuk mengambil kembali narkoba yang dicuri oleh Hyo Jeong.

    Mereka lalu menculik Hyo Jeong bersama dengan So Mi. Cho Tae Sik pun berusaha untuk menyelamatkan mereka.

    Ini merupakan film klasik Korea yang seringkali direkomendasikan untuk para penikmat film dari luar negeri yang baru saja menonton film Korea. Film ini berhasil mendapatkan review yang baik dari Rotten Tomatoes dan memenangi kategori Best Movie di ajang Baeksang Arts Awards 2011.

    3. Unbowed (2012)

    Film ini bercerita tentang seorang profesor bernama Kim Kyung Ho (Ahn Sung Ki) yang bersikeras bahwa pertanyaan matematika untuk ujian masuk universitas pada 1995 adalah salah. Hal itu membuatnya tidak lagi dipekerjakan oleh universitas tempatnya mengajar, lalu dia juga mengajukan tuntutan hukum.

    Pada Januari 2007, gugatan Kyung Ho akhirnya diputuskan dan tiga hari kemudian, hakim yang memimpin persidangan ditembak dengan menggunakan panah.

    Meskipun film ini berbiaya rendah, Unbowed menjadi salah satu film yang hits di Korea dan menerima penghargaan sebagai Best Film dan Best Actor dalam ajang Baeksang Awards 2012. Film ini bahkan menerima standing ovation selama hampir 13 menit saat pemutaran perdana di Festival Film Internasional Busan 2011.

    4. Masquerade (2013)

    Film ini bercerita tentang raja Gwanghae (Lee Byung Hun) yang member perintah kepada anggota dewan terpercaya Heo Kyun (Ryu Seung Ryong) untuk menemukan badan ganda kerajaan. Dia lalu mempekerjakan Ha Seon, seorang petani yang mirip dengan raja.

    Saat raja Gwanghae pingsan karena racun, Ha Seon langsung berakting menjadi raja. Dia harus menyelamatkan negara dari kehancuran, menghindari pembunuhan, dan melakukan tipuan terbesar dalam sejarah.

    Masquerade menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi kesembilan di Korea hingga saat ini. Film tersebut berhasil menyapu seluruh Grand Bell Awards ke-49 dan menerima 15 penghargaan dalam satu malam. Di Baeksang Awards, film ini berhasil memenangi kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

    Masih banyak film Korea berkualitas lainnya di bagian kedua ya!   


    Editor Team

    COMMENT