Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 29 2020

    5 Album Terbaik Sepanjang 2020 Versi Billboard, Ada Dua Lipa, Taylor Swift, dan The Weeknd

    5 Album Terbaik Sepanjang 2020 Versi Billboard, Ada Dua Lipa, Taylor Swift ,dan The Weeknd

    Penyanyi Bad Bunny, Taylor Swift, Lady Gaga, The Weeknd, Dua Lipa. (INSTAGRAM)

    Menjelang akhir tahun, Billboard merilis daftar album terbaik sepanjang 2020. Berikut kami rangkum 5 album terbaik yang menempati posisi teratas versi Billboard.

    1. Taylor Swift – “Foklore”

    Album kejutan yang dirilis Taylor Swift pada Juli 2020 ini digarap bersama beberapa kolaborator seperti Aaron Dessner, Jack Antonoff, dan William Bowery alias Joe Alwyn selama pandemi Covid-19.

    “Foklore” berhasil memecahkan sejumlah rekor, salah satunta Guinnes World Record yang mencatatnya sebagai album dari artis perempuan dengan hari pembukaan terbesar di Spotify.

    Menurut Republic Records, album ini telah terjual 2 juta kopi secara global pada minggu pertama. Setelah rilis, album ini langsung debut sebagai penghuni nomor satu di tangga album Billboard 200 dan menghabiskan waktu 8 minggu di posisi tersebut.

    Taylor mendapatkan enam nominasi Grammy 2021, lima di antaranya berkat “Foklore” dan lagu-lagu di dalamnya, yang terdiri dari Album of The Year dan Best Pop Vocal Album untuk “Foklore”, Song of The Year dan Best Pop Solo Performance untuk Cardigan, serta Best Pop Dua/Gorup Performance untuk Exile.

    TAYLOR SWIFTPenyanyi Amerika Serikat, Taylor Swift, dengan daftar lagu di album Folklore. (INSTAGRAM/TAYLOR SWIFT)

     

    2. Dua Lipa – “Future Nostalgia”

    Memadukan pop disko ala nostalgia dengan sentuhan musik pop dan elektronik modern, album ini terinspirasi dari musik yang sering dinikmati Dua Lipa sewaktu kecil.

    Lima lagu solo andalan dalam album ini dipimpin oleh single Don’t Start Now yang berhasil menempati posisi nomor dua di tangga lagu Billboard Hot 100 yang kemudian disusul oleh Physical (3), Levitating (6), Break My Heart (10), dan Hallucinate (16).

    Lima dari enam nominasi yang dipeoleh Dua Lipa pada Grammy Awrads 2021 adalah berkat album “Future Nostalgia”.

    DUA LIPADaftar lagu album Future Nostalgia milik penyanyi Inggris, Dua Lipa. (INSTAGRAM/DUA LIPA)

     

    3. The Weeknd – “After Hours”

    Digarap bersama beberapa produser seperti DaHeala, Illangelo, Max Martin, Metro Boomin, dan OPN, “After Hours” memiliki gaya yang sangat berbeda dengan album sebelumnya, “Starboy”. Versi standar album The Weeknd ini tidak menampilkan satu pun featured artist.

    Pada minggu pertama rilis, “After Hours” langsung menempati puncak tangga album Billboard 200. Bersamaan dengan itu, 14 lagu dari album ini juga berhasil masuk tangga lagu Billboard Hot 100, 10 di antaranya berada di posisi top 40 yang dipimpin oleh lagu Blinding Lights di posisi nomor satu.

    Selain Blinding Lights, album ini juga didukung oleh 3 lagu andalan lain yaitu Heartless, In Your Eyes, dan Save Your Tears.

    THE WEEKNDDaftar lagu album After Hours milik The Weeknd. (INSTAGRAM/THE WEEKND)

     

    4. Bad Bunny – “YHLQMDLG”

    Judul album studio kedua Bad Bunny ini merupakan singkatan dari bahasa Spanyol “Yo Hago Lo Que Me Da La Gana” yang berarti “kulakukan semauku”. Mengusung genre old school reggaeton, album ini telah mengantarkan Bad Bunny sebagai salah satu musisi latin paling berjaya tahun ini.

    Album ini dirilis pada Februari 2020, sembilan bulan sebelum Bad Bunny merilis album ketiganya, “El Ultimo Tour Del Mundo”, pada November 2020.

    “YHLQMDLG” baru saja dinobatkan sebagai album yang paling banyak di-streaming secara global selama 2020 oleh Spotify, serta mendapatkan satu nominasi Grammy 2021 sebagai Best Latin Pop or Urban Album.

    BAD BUNNYDaftar lagu album YHLQMDLG dari Bad Bunny. (INSTAGRAM/@BADBUNNYPR)

     

    5. Lady Gaga, Chromatica

    Diirlis pada 29 Mei 2020, “Chromatica” merupakan album studio keenam Lady Gaga. Album ini sempat direncanakan rilis pada 10 Aptil 2020, namun terpaksa diundur selama 7 minggu akibat pandemi Covid-19.

    Album ini menampilkan 16 lagu dalam edisi standar yang menempatkan Stupid Love sebagai single utama. Terdapat 3 lagu kolaborasi di dalamnya, yang terdiri dari Rain on Me bersama Ariana Grande, Sour Candy bersama Blackpink, dan Sine from Above bersama Elton John.

    Dalam ajang penghargaan Grammy Awards 2021, album ini mendapatkan dua nominasi, masing masing untuk pada kategori Best op Vocal Album untuk album “Chromatica” dan  Best Pop Duo/Grou Performance untuk Rain on Me.

    LADY GAGADaftar lagu Album Chromatica milik Lady Gaga. (INSTAGRAM/LADY GAGA)

     

     

    Editor Team

    COMMENT