Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 31 2020

    5 Hal yang Perlu Kalian Tahu tentang Nominasi MTV Video Music Awards 2020

    Kawula Muda, ada beberapa kategori baru dalam ajang MTV VMA 2020. Apa saja ya?

    Ariana Grande dan Lady Gaga. (INSTAGRAM/ARIANA SQUAD FOR LIFE)

    Perhelatan akbar MTV Video Music Awards (VMA) 2020 akan digelar pada akhir Agustus, di Brooklyn Barclays Center, Amerika Serikat.

    MTV telah mengumumkan nominasi dari ajang tersebut pada Kamis (30/7/2020). Lady Gaga dan Ariana Grande memimpin dengan 9 nominasi, diikuti The Weeknd dan Billie Eilish yang masuk enam nominasi.

    Sebelum melihat daftar lengkap nominasi MTV VMA 2020, simak dulu 5 hal yang perlu kalian tahu tentang nominasi MTV VMA tahun ini.

    Lady Gaga kembali berkuasa

    VMA 2010 menjadi momen yang tidak terlupakan bagi Lady Gaga. Saat itu, dia berhasil memenangi delapan dari 13 nominasi, termasuk Video of the Year untuk lagu Bad Romance.

    Dalam ajang tersebut, Gaga juga berhasil mencuri perhatian dengan gaun ikonik-nya yang terbuat dari daging. Malam itu, Lady Gaga berhasil unjuk diri sebagai bintang pop besar.


    LADY GAGAPenampilan Lady Gaga dengan gaun ikonik-nya yang terbuat dari daging saat hadir di MTV VMA 2010. (INSTAGRAM/NEW YORK VINTAGE)

     

     

    Satu dekade kemudian, Gaga masih mempertahankan dirinya sebagai musisi andal. Dia masuk dalam sembilan nominasi, termasuk karya duetnya bersama Ariana Grande dalam lagu Rain on Me.

    Lady Gaga juga menjadi satu-satunya artis yang dinominasikan untuk 3 kategori utama dalam ajang tersebut yaitu Video of the Year (Rain on Me), Song of the Year (Rain on Me), dan Artist of the Year.

    Taylor Swift dan Billie Eilish dinominasikan sebagai artis dan sutradara terbaik

    Pada VMA 2020, Taylor Swift dan Billie Eilish menjadi nomine untuk kategori Video of the Year berkat lagu The Man (Taylor Swift) dan Everything I Wanted (Billie Eilish).

    Tak hanya itu, Taylor dan Billie juga terpilih sebagai nomine untuk kategori Best Direction. Taylor Swift menyutradarai lagu The Man, sedangkan Billie Eilish untuk lagu Xanny.


    Keberhasilan Taylor dan Billie menjadi nomine untuk kategori Best Direction menjadi sebuah gebrakan baru dalam sejarah VMA. Sejak 1997, tidak ada artis yang masuk dalam  kategori Best Direction tanpa adanya non-artis sebagai co-director.

    George Michael dan Erykah Baduh telah memenangi kategori Best Direction dengan menggandeng co-director. George bersama Andy Monahan menjadi co-director untuk Father Figure pada 1988, sementara Erykah bersama Mr. Roboto menjadi co-director untuk Honey pada 2008.

    Tidak ada artis K-Pop dan Latin untuk kategori Video of the Year

    Para penggemar BTS, BLACKPINK, dan Bad Bunny berharap adanya kemungkinan video berbahasa asing masuk dalam kategori Video of the Year. Sayangnya, harapan tersebut tidak dapat terwujud di VMA 2020. Tahun ini, enam nomine Video of the Year merupakan lagu berbahasa Inggris.

    Namun, untuk lagu-lagu K-Pop dan Latin tetap dapat bersaing di kategori yang khusus dibuat yaitu Best K-Pop dan Best Latin. Untuk kategori Best K-Pop, beberapa idol akan bersaing memperebutkan penghargaan tersebut, yaitu BTS, EXO, MonstaX, dan Red Velvet.


    Ada kategori Best Alternative dan Best Rock

    Untuk pertama kalinya sejak 1998, VMA ada kategori Best Alternative dan Best Rock. Keenam nomine untuk Best Rock berasal dari band yang merilis album debut mereka setidaknya 15 tahun yang lalu. Sementara itu, untuk Best Alternative adalah artis yang melakukan debut 10 tahun yang lalu.

    Debut dua kategori yang berhubungan dengan pandemi

    Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, termasuk seni musik. Banyak musisi yang memilih untuk berkarya dari rumah saja. Perubahan ini pun mendapat tanggapan dari pihak penyelenggara VMA tahun ini, dengan mengadakan dua kategori baru yaitu Best Quarantine Performance dan Best Music Video from Home.

    Untuk kategori Best Music Video from Home, musisi yang berhasil menjadi nomine adalah Blink 182, Ariana Grande & Justin Bieber, Drake, John Legend, serta Twenty One Pilots.


    Mulai hari ini, pemilihan untuk 15 kategori, termasuk Video of the Year, Artist of the Year, serta Best Quarantine Performance, sudah dapat diakses dan berlangsung hingga 23 Agustus 2020.

    Editor Team

    COMMENT