Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 03 2021

    Di Korea Selatan Lagu “Next Level” aespa Di-banned Sementara Waktu oleh CSAT, Ini Alasannya!

    Kawula Muda, lagu dari SHINee juga pernah dilarang lho!

    aespa, girlgroup yang berada di bawah naungan SM Entertainment. (TWITTER/AESPA)

    CSAT atau College Scholastic Ability Test yaitu sebuah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan setahun sekali di Korea Selatan memasukkan lagu terbaru milik aespa yang berjudul Next Level ke dalam daftar lagu K-Pop yang mereka banned untuk sementara waktu.

    Next Level milik aespa kini telah menjadi salah satu lagu yang digandungri oleh para penikmat musik K-Pop. Namun, lagu ini justru dilarang untuk didengarkan oleh mereka yang ingin menjalani ujian perguruan tinggi.

    Jadi selama periode ujian perguruan tinggi, lagu Next Level tidak akan banyak diputar, agar tidak menganggu konsentrasi para peserta ujian.

    Ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan menjadi salah satu momen yang paling penting setiap tahun. Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, segala hal rela mereka lakukan.

    Agar lebih fokus dalam belajar, tak sedikit para calon mahasiswa yang memilih untuk menghabiskan waktu di kamar ataupun di asrama khusus belajar.

    Karena momen ini sangat penting, CSAT pernah melarang para calon mahasiswa untuk mendengarkan lagu-lagu yang dinilai mereka dapat mengganggu konsentrasi belajar.

    Pada 2009, lagu milik SHINee yang berjudul Ring Ding Dong pernah dimasukkan dalam daftar lagu yang dilarang oleh CSAT. Padahal saat itu lagu tersebut sangat diminati oleh anak-anak muda.

    Karena memiliki lirik dan beat musik yang adiktif, mereka menilai setiap orang yang mendengarkan lagu Ring Ding Dong pasti akan mengikuti lagu tersebut sehingga tak ingin berhenti. Karena tak ingin mengganggu konsentrasi para calon mahasiswa, CSAT kemudian memasukkan lagu Ring Ding Dong milik SHINee ke dalam daftar lagu K-Pop yang di-banned.

    Setelah 12 tahun, pada 2021 pihak CSAT kembali melakukan pelarangan terhadap lagu terbaru milik aespa yang berjudul Next Level. Sama seperti Ring Ding Dong, lagu Next Level juga dinilai memiliki lirik dan beat yang adiktif.

    Mereka menganggap jika seorang calon mahasiswa mendengarkan lagu ini, maka konsentrasinya akan terganggu saat belajar ataupun ketika menghadapi ujian.

    “Darah mulai memanas dalam kegembiraan segera setelah Karina mulai menyanyikan ‘I’m on the next level’ saat irama yang menarik menempel di telinga pendengar dan melodi tetap terngiang di kepala mereka,” ujar seorang kritikus musik seperti yang dikutip dari Kpopchart.net.

    Bagaimana menurut kalian?

    Editor Team

    COMMENT