Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 16 2021

    Fakta Kostum Met Gala Grimes, Terinspirasi dari “Dune” dan Pedangnya Terbuat dari Senjata Api AR-15

    Kawula Muda, masker berwarna perak yang dikenakan Grimes ternyata adalah masker asli dari film "Dune".

    Musisi Kanada, Grimes, saat hadiri Met Gala 2021. (TWITTER/THE CUT)

    Grimes menjadi salah satu artis yang cukup menyita perhatian di Met Gala 2021. Penyanyi asal Kanada tersebut tampil memukau dengan membawakan penampilan bertema kosmik dan futuristik yang terinspirasi dari film Dune.

    Film tersebut diadaptasi dari novel fiksi ilmiah keluaran 1965 yang juga berjudul Dune, karya Frank Herbert. Novel tersebut pertama kali diangkat ke layar lebar oleh sutradara David Lynch pada 1984 dalam film berjudul Dune.

    Tahun ini, film berjudul sama kembali diproduksi dalam versi baru karya sutradara Denis Villeneuve, dengan Timothée Chalamet sebagai pemeran utama. Versi baru Dune baru akan dirilis secara internasional pada 22 Oktober 2021.

    Tak hanya sekedar terinspirasi, Grimes sebenarnya juga hendak berkolaborasi dengan orang-orang di balik pembuatan film Dune untuk mendapatkan penampilan Met Gala-nya. Namun gagal, karena kontraknya belum dibuat.

    “Kami bekerja dengan orang-orang dari film Dune,” ungkap Grimes kepada majalah Vogue.

    “Mereka sebenarnya berencana menggaetku sebagai seorang penggemar profesional, atau influencer dan semacamnya, tapi kontraknya belum dibuat,” sambungnya.

    Sebagai gantinya, ia memilih tampilan yang terinspirasi dari salah satu tokoh di film Dune, bernama Bene Gesserit, dengan mengenakan gaun karya desainer asal Belanda, Iris van Herpen.

    Gaun tersebut dibuat secara khusus menggunakan silikon cair berwarna perak yang dicetak ke dalam labirin laser-cut menggunakan tangan, sehingga memberikan hasil akhir seperti cermin bekilauaan.

    Sang desainer menempatkan sutra dengan total panjang 26 meter secara dramatis melewati sela-sela cetakan silikon cair perak yang bergelombang. Sutra tersebut dilipit menggunakan tangan dan diwarnai dengan gradien putih ke hitam di bagian bawahnya.

    Melengkapi penampilannya, Grimes mengenakan masker dan membawa pedang panjang. Bukan sembarang properti, ada fakta menarik di balik kedua benda tersebut.

    GRIMESPenampilan Grimes saat menghadiri Met Gala 2021. (TWITTER/THE CUT)

     

    Masker berwarna perak yang dikenakannya ternyata adalah masker asli dari film Dune. Sedangkan pedangnya merupakan hasil pinjaman dari salah satu koleksi permanen The Metropolitan Museum of Art (Met), tempat ikonis di mana Met Gala digelar setiap tahunnya. Pedang tersebut akan dikembalikan lagi ke Met, usai acara berakhir

    Pedang yang desainnya mirip seperti senjata dari akhir Abad pertengahan, dibuat dari senjata api AR-15A3, senapan taktis otomatis buatan perusahaan senjata asal Amerika Serikat, Colt. Sangat Amerika untuk menyesuaikan tema Met Gala tahun ini yaitu “In America: A Lexion of Fashion”.

    "Pedang ini (aku dapat) dari orang-orang yang mendapatkan (senjata api) dari orang-orang lain yang tidak ingin memiliki senapan otomatis mereka lagi, lalu mencairkannya dan menjadikannya replika pedang abad pertengahan yang sempurna. Menurutku ini sangat keren, menurutku ini barang yang indah," kata Grimes menambahkan.

    Sementara pedangnya akan kembali ke Met, gaun yang dikenakan Grimes akan dilelang pada November mendatang. Hasil lelang akan disumbangkan kepada organisasi lingkungan hidup yaitu Amazon Conservation dan Rainforest Trust.

    Editor Team

    COMMENT