Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 09 2022

    Keren, Nama Leonardo DiCaprio Diabadikan untuk Pohon Langka di Kamerun

    Hai Kawula Muda, kiprah Leo sebagai aktivis lingkungan kian diapresiasi dunia.

    Aktor asal Amerika, Leonardo DiCaprio. (SHUTTERSTOCK)

    Sebuah pohon langka spesies baru diberi nama Leonardo DiCaprio untuk menghormati jasa sang aktor Hollywood dalam menyelamatkan hutan hujan dari penebangan.

    Nama tersebut diberikan oleh para peneliti dari Royal Botanic Garden di Inggris baru-baru ini.

    Melansir BBC, Kamis (6/1/2022), pohon yang memiliki nama resmi Uvatiopsis dicaprio ini hanya tumbuh di hutan Kamerun, Afrika Tengah, yang terkenal akan keanekaragaman hayatinya.

    “Kami menganggap, dia (Leonardo DiCaprio) sangat berjasa dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo,” ujar Dr Martin Cheek dari Kew, kelompok peneliti dari Royal Botanic Gardens.

    Atas jasanya itu, sebuah pohon langka dinamai dari nama Leonardo DiCaprio untuk menghormati sang aktor.

    Para ilmuwan dan konservasionis sebelumnya mengingatkan saat mengetahui adanya rencana untuk mengizinkan sebagian besar Hutan Ebo dibuka untuk penebangan. Pasalnya, salah satu hutan hujan terbesar di Afrika Tengah ini adalah rumah bagi berbagai flora dan fauna yang unik, termasuk gorilla, simpanse, dan gajah hutan yang terancam punah.

    Mereka pun akhirnya menuliskan surat kepada pemerintah untuk mendokumentasikan spesies hewan dan tumbuhan berharga ang terancam punah.

    Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Peer Jitu, para peneliti menuliskan bahwa pada tahun 2020, sang aktor telah mengangkat isu mengenai spesies hewan dan tumbuhan langka yang terancam punah

    Aktivis lingkungan 

    Isu mengenai spesies hewan dan tumbuhan langka yang terancam punah itu dipublikasikan Leonardo DiCaprio melalui media sosialnya.

    Hal itu ia lakukan untuk menarik perhatian terkait dengan konsensi penebangan pohon yang telah diumumkan di Hutan Ebo awal tahun lalu, yang mengancam keberadaan pohon langka di hutan tersebut.

    Konsensi itupun dibatalkan oleh pemerintah pada Agustus 2020 yang dibantu oleh upaya dari Leonardo DiCaprio.

    Selain menjadi aktor, Leonardo memang dikenal sebagai aktivis lingkungan yang gencar melakukan kampanye di media sosial miliknya.

    Pohon Uvariopsis dicaprio termasuk pohon langka yang terancam punah. Secara umum, pohon langka ini memiliki tinggi sekitar empat meter, memiliki bunga kuning mengkilap yang tumbuh dari batangnya.

    Tim peneliti yang menemukannya menyebut, pohon Uvariopsis dicaprio akan dianggap sebagai anggota keluarga kenanga (Cananga odorata) yang berkerabat dekat dengan kenanga dari India, Asia Tenggara, Filipina, Indonesia, dan Australia.

    Editor Team

    COMMENT