Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 18 2021

    Mulai 20 Mei, Film “Tjoet Nja’ Dhien” Kembali Tayang di Bioskop

    Film ini pertama kali tayang 33 tahun lalu, loh, Kawula Muda! Gimana, lo tertarik buat nonton filmnya, nggak?

    Poster film "Tjoet Nja' Dhien" yang akan kembali tayang pada 20 Mei 2021. (Pinterest)

    Film legendaris Indonesia yang rilis pada 1988, Tjoet Nja’ Dhien, akan kembali hadir di bioskop, Mei mendatang. Penayangan film tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasional 2021. Kabar ini juga telah dikonfirmasi oleh pemeran utama Tjoet Nja’ Dhien, Christine Hakim.

    Christine Hakim mengungkapkan bahwa film yang rilis lebih dari tiga dekade lalu tersebut telah direstorasi secara menyeluruh di Belanda. Hasilnya, gambar serta warna dalam film menjadi lebih bersih dan tajam.

    Christine HakimChristine Hakim, pemeran dalam film "Tjoet Nja' Dhien". (IMDb)

     

    Meski demikian, kabarnya, durasi asli Tjoet Nja’ Dhien yang mencapai 130 menit akan dipangkas menjadi 106 menit saat penayangan ulang akibat sejumlah pertimbangan teknis.

    Dikutip dari ANTARA, tujuan di balik penayangan kembali film Tjoet Nja’ Dhien adalah untuk memberi kesempatan bagi kaum milenial yang belum pernah menyaksikan film tersebut. Pasalnya, Tjoet Nja’ Dhien dinilai memiliki relevansi dengan kehidupan masa kini.

    Di samping itu, pemutaran kembali Tjoet Nja’ Dhien merupakan bukti nyata realisasi ajakan pemerintah untuk kembali menyaksikan film, khususnya film Indonesia, di bioskop.

    Tjoet Nja’ Dhien diharapkan dapat memberi dorongan bagi pengusaha film untuk menghadirkan film Indonesia yang layak tayang di bioskop.

    “Semacam simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara produser dan pengusaha bioskop,” ungkap Christine Hakim.

    Sutradara Tjoet Nja’ Dhien Eros Djarot menambahkan, kehadiran kembali film garapannya diharapkan dapat menjadi tontonan sekaligus tuntunan bagi pecinta film.

     Tjoet Nja’ Dhien merupakan salah satu film Indonesia yang berhasil menyabet sejumlah prestasi. Film tersebut diketahui berhasil mengantongi delapan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) 1988. Selain Christine Hakim, film Tjoet Nja’ Dhien juga diperankan oleh Slamet Rahardjo, Piet Burnama, Rudy Wowor, Rosihan Anwar, dan Ibrahim Kadir.

    Editor Team

    COMMENT