Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 18 2021

    Nadin Amizah, antara Sok Indie dan Bahasa Baku yang Selalu Dinyinyirin

    Hai Kawula Muda, setujukah kalian kalau Nadin Amizah itu sok indie karena sering pakai bahasa baku?

    Penyanyi dan penulis lagu, Nadin Amizah. (INSTAGRAM/NADIN AMIZAH)

    Sosok penyanyi dan penulis lagu Nadin Amizah sepertinya tak akan lepas dari lagu-lagu hits berlirik puitis dan berbahasa baku. Bahkan dari judul yang ia pilih saja sudah memberi statement dirinya.

    Sebut saja Sorai, Rumpang, dan yang terbaru, Bertaut. Khas, penuh makna, dan unik.

    Sayangnya, tak semua berpendapat seperti itu. Tidak sedikit netizen yang nyinyir dan menganggap kalau Nadin Amizah sok indie. Bahkan, aksi baca puisinya di setiap aksi panggung, dianggap seperti sedang berceramah. Duh..

    Indie itu pilihan

    Atas hujatan-hujatan para netizen, Nadin pernah mengunggah pembelaan diri di akun Twitternya.

    “Kalau pake bahasa baku sedikit dibilang sok indie, kasian anak seumuran saya yang memang cita-citanya jadi panyair dan ahli bahasa, pada takut kena semprot tukang nyinyir. Tar giliran generasinya gada seniman hebat, malu juga kalian,” cuit Nadin pada 2 Januari 2021.

    NADIN AMIZAH TWITTERNadin Amizah mencuit tentang dirinya yang dianggap sok indie. (TANGKAPAN LAYAR TWITTER)

      

    Tak hanya itu, pada pertengahan Januari lalu, Nadin kembali mengutarakan isi hatinya tentang cap sok indie di wawancara podcast milik Deddy Codbuzier. Termasuk, karena sering menggunakan bahasa baku saat berbicara sehari-hari.

    “Karena emang aku juga dalam sehari-hari kalau misalnya aku bicara tentang sesuatu yang penting, ya seperti ini (pakai bahasa baku). Jadi, kalau misalnya bukan kayak sama teman nongkrong ya aku akan tetap menggunakan bahasa baku,” jelas Nadin.

    Lebih milih dibilang sok cantik

    Selain prinsip tadi, yakni berbahasa baku untuk hal yang penting dan dengan orang yang dianggap bukan teman nongkrong, Nadin juga merasa ada yang beda pada penafsiran tentang apa itu indie.

    Menurut dia, kata indie kepanjangan dari independent yang berarti mandiri. Karenanya, Nadin merasa aneh telah dicap sok indie.

    “Aku tidak mengerti apa itu sok indie, karena indie itu independent, dan aku adalah penyanyi independent, aku membuat label aku sendiri, itu beneran terjadi aku penyanyi indie,” ujar Nadin lagi.

    Dari pada dibilang sok indie, Nadin mengatakan kalau lebih memilih dibilang sok cantik.

    “Kalau sok cantik mendingan dibilang sok cantik. Soalnya ya udah berarti gue selama ini pembawaan diri aku sok cantik. Cuma kok sok indie, itu aku aja gak ngerti arti sok indie itu apa?” kata Nadin gemas.

    NADIN AMIZAHPenyanyi dan penulis lagu, Nadin Amizah. (INSTAGRAM/NADIN AMIZAH)

      

    Seperti Takdir Kita yang Tulis

    Masih berhubungan dengan kata-kata puitis, bahasa baku, dan ke-indie-an khas seorang Nadin Amizah, ada yang terbaru dari gadis berzodiak Gemini ini.

    Pada Rabu (17/2/2021), Nadin mengunggah video rekaman suaranya menyanyikan penggalan lagu dengan judul Seperti Takdir Kita yang Tulis.

    “Maaf aku ga bikin video lagi sad gapunya tenaga. ini entry terakhir dari seri #KalahBertaruhdiHariRabu sebelum EP rilis,” tulis Nadin.

    Video berdurasi 2 menit 23 detik itupun telah mendapakan lebih dari 250.000 penonton, puluhan ribu likes, dan ribuan komentar yang umumnya mengatakan tak sabar menunggu video versi “cantiknya”.

    Wah, bakal ada karya terbaru apa dari Nadin ya? Jadi penasaran!

    Editor Team

    COMMENT