Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 02 2020

    Pemerintah Korea Selatan Dikabarkan Akan Merevisi UU Wamil bagi Artis K-Pop seperti BTS

    Kawula Muda, artis K-Pop yang berprestasi bisa mendapatkan penundaan wamil, benar enggak ya?

    Boygroup asal Korea Selatan, BTS. (INSTAGRAM/VMA)

    Wajib militer atau wamil di kalangan selebritas memang telah lama menjadi salah satu isu paling sensitif, dan sering kali mengundang kontroversi.

    Seperti topik terhangat yang menyebutkan bahwa para penggemar BTS meminta agar ada perubahan tentang aturan wajib militer di kalangan artis K-Pop seperti BTS, mengingat prestasi yang telah diraih oleh boygroup tersebut.

    BTS telah berhasil mencetak sejarah dengan menempati posisi No 1 di Billboard Hot 100.

    Seperti yang dilansir dari Koreaboo, menurut MBC Newsdesk, partai yang saat ini tengah berkuasa di pemerintahan Korea sedang mendorong revisi undang-undang wajib militer, dengan memasukkan artis K-Pop dalam daftar siapa saja yang dapat menunda wajib militer.


    MINHO SHINEEMinho SHINee jalani wajib militer. (KOREABOO)

     

     Saat ini, hanya mereka yang menempuh pendidikan pasca sekolah menengah, sedang dalam proses menyelesaikan kursus di lembaga pelatihan, dan atlet berprestasi yang dapat memenuhi syarat untuk menunda wajib militer.

    Kini pemerintah Korea sedang mendorong untuk merevisi persyaratan tersebut, dengan memasukkan tambahan yaitu mereka yang memiliki pengalaman 3 tahun sebagai seniman budaya, serta mereka yang menerima penghargaan dari pemerintah atas jasa-jasanya, akan bisa menunda wajib militer.

    Agar tidak dianggap memberi perlakuan khusus kepada selebritas, mereka menekankan bahwa permohonan revisi tersebut ditekankan hanya pada penundaan wamil, bukanlah pembebasan wamil.

    Jika nantinya RUU tersebut disahkan, para selebritas K-Pop yang berprestasi dapat menunda wajib militernya sampai mereka berusia 30 tahun.

    Sebagian besar anggota BTS kini sedang proses mendaftarkan diri untuk menjalani kuliah, sehingga memungkinkan mereka untuk menunda wajib militernya hingga usia 28 tahun. Namun, anggota tertua yaitu Jin, akan berusia 28 tahun pada Desember 2020.


    JIN BTSSalah satu member BTS, Jin. (INSTAGRAM/JIN BTS OFFICIAL)

     

    Dengan begitu, Jin harus segera mendaftarkan diri untuk menjalani wajib militer. Penggemar berharap agar RUU ini segera disahkan, sehingga mereka masih bisa menikmati karya-karya Jin bersama BTS, sedikit lebih lama, sebelum ditinggal untuk menjalani wajib militer.

    Editor Team

    COMMENT