Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 22 2021

    “Squid Game” Dikritik karena Plagiat Film Jepang “As The Gods Will”

    Kawula Muda, kamu sudah nonton "Squid Game"?

    Drama Korea "Squid Game" raih skor tinggi di Netflix. (INSTAGRAM)

    Belum lama dirilis, drama korea terbaru Squid Game telah menuai polemik dengan serangkaian tuduhan plagiarisme.

    Drama yang berhasil mendapatkan skor tinggi di Netflix ini mengangkat cerita yang berpusat pada permainan bertahan hidup. Walaupun game dengan tema bertahan hidup sangat banyak dan umum dilakukan di masyarakat, beberapa warganet telah menunjukkan adanya kesamaan tidak hanya di plot cerita.

    Melansir dari Koreaboo, seorang warganet mengumpulkan daftar adegan di Squid Game yang dinilai mirip dengan salah satu film Jepang berjudul As The Gods Will.

    As The Gods Will merupakan film horor Jepang yang dirilis pada 2014 dan disutradarai oleh Takashi Miike.

    Beberapa adegan di Squid Game yang dinilai mirip dengan As The Gods Will antara lain adalah permainan pembuka yang disebut game “Lampu Merah, Lampu Hijau”, sedangkan game lainnya berbeda. Ini karena Squid Game menggunakan permainan masa kecil anak-anak Korea Selatan sebagai premis mereka.

    Saat permainan “Lampu Merah, Lampu Hijau” kepala boneka raksasa yang dipakai dalam adegan tersebut dinilai sangat mirip. Selain itu ada pula jam hitung mundur serta adegan run-slide yang dibilang sama dengan film As The Gods Will.

    Adegan lain yang juga dikritik oleh warganet adalah permainan “Tug O War” karena meniru premis salah satu drama komedi di Korea Selatan.

    Walaupun begitu, sebagian warganet juga memberikan pembelaan terhadap penulis Squid Game, Hwang Dong Hyuk. Mereka mengatakan bahwa naskah Squid Game telah ditulis sejak 2008 walaupun baru dirilis pada tahun ini.

    Squid Game bercerita tentang organisasi misterius yang merekrut sejumlah orang Korea untuk bersaing dalam serangkaian permainan raksasa. Rata-rata orang yang mereka rekrut adalah yang kurang beruntung dan memiliki hutang dalam jumlah besar.

    Dalam permainan tersebut, mereka harus saling bersaing dan bertahan hingga akhir demi mendapatkan hadiah yang berjumlah fantastis.

    Namun, permainan yang mereka lakukan tidak mudah karena memiliki konsekuensi yang mematikan. Memiliki plot cerita yang menegangkan, Squid Game berhasil mendapatkan skor tinggi di Netflix dan mengalahkan Sweet Home serta Money Heist.

    Selain dibintangi oleh Park Hae Soo dan Lee Jung Jaee, drama ini juga menampilkan akting apik dari aktor senior Gong Yoo serta Lee Byung Hun.

    Editor Team

    COMMENT