Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 02 2021

    Sudah Meninggal, Aktor-aktor Ini Justru Dinominasikan atau Menang di Golden Globe Awards

    Kawula Muda, mereka layak dihargai karena punya kontribusi besar.

    Chadwick Boseman, aktor yang berperan dalam film "The Black Panther". (INSTAGRAM/CHADWICK BOSEMAN)

    Salah satu highlight dari acara Golden Globe Awards 2021 adalah kemenangan mendiang Chadwick Boseman sebagai aktor terbaik film drama.

    Aktor yang meninggal di usia 43 tahun itu mendapatkan penghargaan Gloden Globe perdana berkat peran utamanya dalam film drama Netflix Ma Rainey’s Black Bottom. Kemenangan ini berselang enam bulan sejak kematiannya pada Agustus 2020 karena kanker usus besar yang dideritanya.

    Ini bukan pertama kalinya aktor yang sudah meninggal mendapat nominasi atau menang di ajang penghargaan Gloden Globe. Selain Chadwick, tercatat ada beberapa aktor yang mengalami hal serupa.

    Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya.

    1. Heath Ledger

    Heath Ledger dikenal atas perannya sebagai Joker dalam film The Dark Night (2008). Ia meninggal dunia pada 2008 saat berusia 28 tahun, beberapa bulan sebelum The Dark Night rilis. Setahun setelah kematiannya, pria asal Australia itu memenangi Golden Globe Awards 2009 sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

    2. James Dean

    James Dean meninggal dunia di usianya yang baru 24 tahun akibat kecelakaan mobil pada 1955. Ia kemudian dianugerahi penghargaan spesial dari Golden Globe bernama Achievement Award pada 1956, atas perannya dalam film East of Eden.

    3. Howard Ashman

    Nama Howard Ashman dikenal sebagai penulis lirik lagu-lagu soundtrack untuk film animasi Disney. Ia meninggal pada 14 Maret 1991 karena HIV/AIDS, beberapa hari setelah film animasi Beauty and The Beast (1991) tayang perdana.

    Hampir setahun setelah kematiannya, Howard mendapat dua nominasi Golden Globe 1992 berkat lagu-lagunya untuk film Beauty and The Beast yang berjudul Be Our Guest dan Beauty and The Beast. Lagu Beauty and The Beast berhasil memenangi penghargaan saat itu.

    Tahun berikutnya, ia kembali mendapat nominasi untuk lagu-lagunya dari film Aladdin (1992) yang berjudul Friend Like Me dan Prince Ali.

    4. Peter Finch

    Peter memenangi penghargaan sebagai aktor terbaik di Golden Globe Awards 1977 atas perannya di film drama berjudul Network (1976), beberapa hari setelah kematiannya pada 14 Januari 1977 akibat serangan jantung.

    5. Spencer Tracy

    Spencer yang pernah memegang rekor nominasi Best Actor terbanyak di Oscar itu meninggal dunia pada Juni 1967. Pada 1968, ia dinominasikan sebagai aktor terbaik film drama untuk perannya dalam film Guess Who’s Coming to Dinner di Golden Globe Awards dan juga Oscar.

    6. Raul Julia

    Aktor asal Puerto Riko ini berjuang melawan penyakit komplikasi stroke di saat harus menyelesaikan produksi film The Burning Season (1994). Ia meninggal dunia pada Oktober 1994, satu bulan setelah film tersebut rilis.

    Setahun kemudian, ia dianugerahi penghargaan Golden Globe 1995 sebagai aktor dengan penampilan terbaik untuk miniseri atau film televisi. Ia juga memenangi Emmy Awards pertamanya pada tahun yang sama.

    Editor Team

    COMMENT