Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 19 2021

    Wow! Helaian Rambut Kurt Cobain Terjual Lebih dari Rp 200 Juta Saat Lelang

    Kawula Muda, kagum gak sih kalian dengan fakta ini?

    Mantan vokalis band Nirvana, Kurt Cobain. (INSTAGRAM/KURT COBAIN)

    Helaian rambut bagi sebagian orang mungkin adalah barang biasa. Namun, jika helaian rambut itu adalah milik orang ternama yang telah meninggal dunia, maka akan memiliki nilai yang berbeda karena tergolong sebagai barang langka.

    Seperti helaian rambut milik mendiang Kurt Cobain yang bernilai ratusan juta rupiah.

    Dalam sebuah lelang Iconic Auction yang ditutup pada 15 Mei 2021, enam helai rambut Kurt Cobain telah terjual seharga 14.145 dolar AS atau sekitar Rp 202 juta.

    Keenam helai rambut berwarna pirang tersebut ditempatkan di sebuah kartu plastik kecil berukuran 4,4 cm x 5 cm. Helaian rambut terpanjang memiliki ukuran sekitar 2,5 inchi atau 6,35 cm.

    Rambut tersebut diperoleh ketika seorang perempuan bernama Tessa Osbourne memotong rambut Kurt Cobain pada Oktober 1989, saat band Nirvana melakukan tur “Bleach” di Birmingham, Inggris. Tessa merupakan salah satu teman Cobain saat itu.

    “Tessa mengenal Kurt di Inggris, dan mereka nongkrong bersama selama Bleach Tour. Nirvana pertama kali terkenal di Inggris, dan dia pasti merasa bahwa Kurt akan menjadi kekuatan di dunia musik. Berbicara soal Kurt, Tessa hampir sama seperti Astrid Kirchherr di The Beatles,” bunyi pernyataan yang tercantum di situs resmi Iconic Auctions.

    Tessa kemudian memberikan potongan rambut tersebut kepada seorang seniman bernama Nicole DePolo sebagai hadiah pasca Cobain meninggal dunia pada 1994, disertai tulisan tangan “29/10/89: Tess cut Kurdt’s hair in Birmingham, England, 27 Holy Rd., Handsworth, Birmingham B202BU”.

    KURT COBAINRambut Kurt Cobain. (ICONIC AUCTIONS)

     

    Dari Nicole DePolo, rambut tersebut kemudian diserahkan kepada kolektor dan pakar rambut terkemuka dunia, John Reznikoff dari University Archives.

    Helaian rambut itu juga dilengkapi dengan serangkaian foto lawas yang memperlihatkan Tessa sedang memotong rambut Cobain menggunakan gunting. Salah satu foto juga memperlihatkan Kurt Cobain merangkul Tessa yang sedang memamerkan guntingnya.

    KURT COBAINKurt Cobain berpose dengan Tessa Osbourne. (ICONIC AUCTIONS)

     

    Pelelangan oleh Iconic Auctions ini merupakan bagian dari program “The Amazing Music Auction” yang juga melelang berbagai memorabilia dari para musisi legendaris lain termasuk The Beatles, Bob Dylan, dan Led Zeppelin.

    Sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan kepada Live Nation's Crew Nation sebagai dana bantuan global untuk membantu para kru live music yang terdampak pandemi virus corona.

    Editor Team

    COMMENT