Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 31 2021

    The X Factor Karya Simon Cowell Akhirnya Bubar Setelah 17 Tahun, Bakal Diganti dengan Acara Baru?

    Kawula Muda, siapa penggemar acara ini nih?

    The X Factor, reality show Inggris yang diciptakan oleh Simon Cowell. (TWITTER/THE X FACTOR)

    Setelah sukses mengudara selama 17 tahun, ajang pencarian bakat sekaligus kompetisi musik, The X Factor, akhirnya bubar.

    Acara reality show Inggris yang diciptakan oleh Simon Cowell itu pertama kali tayang pada 2004 dan telah melahirkan banyak bintang pop ternama seperti One Direction, Little Mix, Leona Lewis, Olly Murs, hingga James Arthur.

    Namun, pihak ITV, jaringan televisi asal London yang menyiarkan acara tersebut mengatakan bahwa mereka tidak akan melanjutkan penayangan seri The X Factor berikutnya.

    “Tidak ada rencana saat ini untuk (membuat) seri The X Factor selanjutnya pada tahap ini,” kata juri bicara ITV dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh The Independent pada Kamis (29/07/2021).

    Pernyataan tersebut muncul setelah beredar rumor di kalangan media Inggris, bahwa Simon Cowell sendirilah yang menghentikan produksi acara ternama itu. Tidak diketahui pasti kenapa Simon memutuskan mengakhiri The X Factor.

    Menurut kabar yang beredar, pengusaha industri musik itu sedang menyiapkan program baru bernama Walk The Line. Acara baru ini digambarkan sebagai kuis atau gameshow musik yang akan disiarkan tahun ini, melalui jaringan ITV.

    Sementara itu, menurut laporan The Sun, seorang sumber mengatakan bahwa di Inggris acara The X Factor sudah dianggap sedikit basi, walaupun acara tersebut masih diproduksi di sembilan negara lain di luar Inggris dan mendapatkan respon yang bagus.

    "Secara global, acara ini masih menjadi fenomena dan meraup jutaan setiap tahun. Tetapi di Inggris, tidak diragukan lagi bahwa acara itu sudah agak basi,” ungkap sumber tersebut.

    “Simon masih tetap berada di tempat teratas dalam permainan seperti ini dan tahu betul bagaimana membuat hit. Dia memiliki hak atas acara ini, dan itu adalah kuasanya, apakah dia mau mengakhirinya atau tidak, bukan (hak) ITV,” lanjutnya.

    “Acara ini masih diberhentikan sementara dan ada opsi untuk mengembalikannya pada tahun 2023 dengan audisi yang akan dilakukan musim panas mendatang. Tapi banyak yang (lebih) mendukung format barunya, Walk The Line,” kata sumber tersebut menambahkan

    The X Factor terakhir kali tayang dalam format aslinya pada 2018, menandai periode mengudara selama 15 tahun berturut-turut. Acara itu hadir dengan spin off baru berjudul The X Factor: Celebrity dan The X Factor: Band yang tayang pada 2019, sebelum resmi mengambil jeda pada 2020.

    Proses produksi The X Factor melibatkan Fremantle’s Thames dan perusahaan produksi milik Simon, Syco Entertainment. Hingga saat ini, acara tersebut telah ditayangkan sebanyak 15 musim dan 445 episode.

    Acara ini awalnya dirancang sebagai pengganti ajang pencarian bakat serupa yaitu Pop Idol, atau yang lebih dikenal dengan Idol. Kesuksesan Idol tak hanya terjadi di Inggris saja, tapi telah merambah ke seluruh dunia dengan nama yang berbeda-beda tiap negara seperti American Idol, Indonesian Idol, Australian Idol, Indian Idol, Arab Idol, New Zealand Idol, dan masih banyak lagi.

    Menyusul kesuksesan idol, The X Factor juga telah berhasil melebarkan sayapnya di seluruh dunia dengan hadirnya franchise di beberapa negara, termasuk Indonesia melalui X Factor Indonesia.

    Editor Team

    COMMENT