Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 24 2021

    3 Cara Mudah Kurangi Hobi Belanja Online yang Bikin Boros Selama Pandemi

    Kawula Muda, cocok banget nih buat yang sering beli barang cuma karena lucu.

    (ISTOCKPHOTO)

    Selama masa pandemi Covid-19 di mana kita lebih banyak meluangkan waktu di rumah, belanja online menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Dengan adanya PPKM, membuat banyak orang terpaksa untuk beralih dengan berbelanja di e-commerce atau media sosial. Sayangnya, banyak orang justru malah membeli hal-hal kurang penting di banding membeli kebutuhan pokok. Hal itu tentu saja justru membebani kondisi finansial.

    Bagaimana caranya untuk mulai berhemat? 

    Pakar mengungkap dengan belanja online memang membawa kesenangan terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana banyak orang yang merasa bosan dan di bawah tekanan. 

    Beberapa juga menjadikannya alasan sebagai ‘self reward’ atau menghadiahi diri sendiri karena berhasil melewati masa yang sulit ini.

    Belanja dan membuka paket baru memang menghasilkan hormon bahagia yakni dopamin seperti saat menikmati makanan enak atau jatuh cinta. 

    “Banyak waktu luang atau tidak ada yang dilakukan, ditambah kebanyakan melihat layar di depan komputer atau ponsel selama lockdown bisa jadi penyebabnya. Sangat mudah untuk mengakses tren euforia instan ini,” jelas Dr. Frank Chow, direktor Sydney Practice 2OP Health kepada Body and Soul. 

    Sayangnya, hobi yang hanya bikin senang sesaat ini dapat merugikan ketika menjadi sebuah siklus. Kecanduan berbelanja dapat mengakibatkan kerugian finansial hingga mengganggu hubungan dengan orang terdekat. Oleh karena itu, kebiasaan tersebut harus dikendalikan sebelum terlambat. 

    Di bawah ini adalah 3 cara mudah yang dapat dilakukan guna mengurangi kebiasaan hobi belanja online yang kurang penting selama pandemi Covid-19, menurut Dr Frank. 

    1. Mengurangi waktu menatap layar gadget. Bahkan jika perlu, matikan laptop setelah bekerja atau ketika sedang tidak terpakai, terutama di malam hari. 
    2. Memperbanyak olahraga untuk meningkatkan dopamin atau hormon bahagia. Dengan begitu, kamu tidak akan mencari kesenangan lain dari berbelanja. Selain itu, olahraga juga membantu menjaga kesehatan selama masa pandemi Covid-19. 
    3. Mencari hobi baru yang tidak membutuhkan gadget seperti membaca, merajut, melukis, belajar alat musik. 

    Itulah dia 3 cara mudah untuk membantu mengurangi kebiasaan belanja online. 


    Editor Team

    COMMENT