Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 06 2022

    5 Tempat Wisata Murah di Sekitar Candi Borobudur

    Tempat mana yang bakal jadi pilihan lo, Kawula Muda?

    Ilustrasi pemandangan dari Candi Borobudur. (SHUTTERSTOCK)

    Candi Borobudur menjadi perbincangan setelah pemerintah mengumumkan harga tiket masuk ke kawasan tersebut menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik.

    Sejumlah masyarakat menganggap tarif baru tersebut dianggap terlalu tinggi. warganet pun menyuarakan komentarnya di media sosial.

    Tapi tenang Kawula Muda! Bagi kalian yang ingin berwisata ke daerah Borobudur, ada sejumlah tempat wisata alternatif yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Tempat wisata tersebut menawarkan pemandangan yang tak kalah indah. Berikut terdapat lima tempat wisata alternatif di sekitar Candi Borobudur.

    1. Bukit Rhema Gereja Ayam

    Bukit RhemaIkon burung merpati di Bukit Rhema. (DOK. STEFANUS ARIEF SETIAJI)

     

    Bukit Rhema dibangun pada 1992 di atas perbukitan Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Meskipun disebut Gereja Ayam, bangunan tersebut sebetulnya berbentuk burung merpati.

    Tempat ini memiliki 7 lantai yang memiliki fungsi berbeda-beda. Tiket masuk Bukit Rhema Gereja Ayam dibanderol seharga Rp 25 ribu.

    2. Bukit Barede

    Bukit BaredeGardu Pandang Bukit Barede. (WISATA JATENG)

     

    Bukit Barede membawa gardu pandang yang memungkinkan wisatawan dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian. Wisatawan dapat melihat pemandangan berupa pegunungan serta pepohonan hijau.

    Lokasi wisata ini hanya 2 kilometer dari Candi Borobudur. Wisatawan cukup membayar uang parkir Rp 2.000-Rp 5.000 untuk bersantai di tempat wisata ini.

    3. Bukit Dagi

    Bukit DagiPiknik di Bukit Dagi

     

    Bukit Dagi terletak di daerah kompleks Candi Borobudur. Lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk.

    Bukit Dagi memiliki nama asli Dagi Abhinaya yang memiliki arti inspirasi. Maka dari itu, tempat ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pengunjungnya. Jika ingin mengunjungi lokasi ini, wisatawan cukup membayar Rp 40 ribu.

    4. Sungai Elo

    Sungai EloRafting di Sungai Elo. (www.raftingmagelang.com)

     

    Wisatawan bisa mencoba arung jeram di Sungai Elo. Sungai ini tergolong ramah untuk pemula karena kondisi arus yang tidak terlalu deras.

    Lokasi ini buka setiap hari mulai pukul 06.30 WIB hingga 15.00 WIB. Wisatawan cukup membayar sekitar Rp 650.000 untuk satu perahu dan bisa menikmati arung jeram di Sungai Elo.

    5. Punthuk Setumbu

    Punthunk SetumbuWisata Punthunk Setumbu. (ALODIA TOUR)

     

    Di lokasi ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit. Wisatawan juga bisa berfoto di beberapa spot yang telah disediakan dengan latar belakang Candi Borobudur dan Gunung Merapi.

    Jika khawatir ketinggalan momen matahari terbit, wisatawan bisa camping di lokasi ini dengan membayar Rp 30 ribu. Namun jika ingin mengunjunginya di jam biasa, wisatawan cukup membayar Rp 20 ribu.

    Editor Team

    COMMENT