Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 10 2020

    Fakta Menarik di Balik Mi Instan

    Kawula Muda, tahu enggak sih, kapan sebenarnya mi instan diciptakan? Simak penjelasannya berikut ini.

    Mi instan dalam cup. (INSTAGRAM/ORIGINAL CUP NOODLES)

    Siapa sih yang enggak suka sama yang namanya mi instan? Makanan yang satu ini memang sangat digemari, karena praktis dan rasanya yang enak.

    Hampir semua orang menyukai mi instan. Bahkan selebritas dunia seperti Kylie Jenner dan Cardi B pernah merasakan kelezatan dari mi instan.

    Tetapi, tahu enggak sih kalian, kapan sebenarnya mi instan diciptakan? Siapa sih penemu mi instan? Simak ulasan fakta menarik di balik mi instan berikut ini yuk.

    Bapak mi instan

    Menurut sejarah, mi instan diciptakan oleh seorang pria asal Jepang bernama Momofuku Ando. Dia tercatat sebagai bapak penemu mi instan pertama.


    MOMOFUKU ANDOBapak mi instan, Momofuku Ando, penemu mi instan pertama di dunia. (INSTAGRAM/SOU CURIOSO)

     

    Pada 1958, Jepang mengalami masa paceklik, sehingga dibantu Amerika dengan mengirimkan gandum. Tepung gandum tersebut kemudian diolah menjadi roti dan mi.

    Ide untuk membuat mi instan terjadi pada saat Ando melihat banyak orang mengantre di sebuah warung mi. Saat itulah dia mulai berpikir untuk membuat mi instan yang tidak memerlukan waktu banyak saat membuatnya.

    Di halaman belakang rumahnya, Ando pun mulai untuk melakukan beragam percobaan.

    Setelah mengalami beberapa kali kegagalan, akhirnya Ando menemukan cara terbaik untuk membuat mi instan yaitu dengan mengeringkan adonan mi, lalu digoreng dengan menggunakan minyak panas.

    Untuk penyajianya, mi yang sudah kering tersebut kemudian hanya perlu disiram air panas.


    MOMOFUKU ANDOMomofuku Ando saat melakukan penelitian. (INSTAGRAM/NISSIN CUP NOODLES DEUTSCHLAND)

     

    Mi instan pertama

    Tanggal 25 Agustus 1958 tercatat sebagai hari lahirnya mi instan. Lewat perusahaan milik Ando yang bernama Nissin Food, dia berhasil meluncurkan mi instan pertama yang kemudian diberi nama chikin ramen.

    Pada 1971, Ando memiliki ide lain yaitu membuat cup noodle alias mi instan yang dikemas dalam mangkok plastik/styrofoam/kertas alumunium dan dilengkapi dengan garpu.

    Perusahaan mi instan milik Ando kemudian menjadi produsen mi instan terlama dan menjadi pioneer tumbuhnya perusahaan mi instan di berbagai dunia, termasuk Indonesia.


    MI INSTANMi instan pertama yang diberi nama chikin ramen. (INSTAGRAM/BIRDEATBIRD)

     

    Space ramen

    Pada 2005, di usianya yang sudah mencapai 95 tahun pada saat itu, Ando masih memiliki ide cemerlang dengan membuat space ramen yaitu mi instan yang dapat dibawa keluar angkasa, sebagai bekal makanan bagi para astronot saat berada di luar angkasa.

    Salah satu makanan mewah


    MI INSTANFoto ilustrasi, makan mi. (FREEPIK)

     

    Pada saat pertama kali diciptakan, mi instan termasuk salah satu makanan mewah pada. Mi setengah matang dengan rasa ayam tersebut dipasarkan seharga 35 yen, 6 kali lebih mahal jika dibandingkan dengan mi ayam buatan sendiri.

    Namun, pada saat kemasan produk mi instan berubah menggunakan bahan polystyrene yang tahan air, harga mi instan menjadi sangat murah dan dapat dibeli oleh siapa saja.


    Editor Team

    COMMENT