Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 01 2021

    Gara-gara Meme! Boneka Bernie Sanders Laris Terjual dengan Harga Rp 572 Juta

    Kawula Muda, bonekanya benar-benar mirip yah sama aslinya. Bagiamana menurut lo?

    Barnie Sanders. Boneka.

    Bernie Sanders menjadi topik hangat saat menghadiri pelantikan Presiden Joe Biden beberapa waktu lalu. Senator Amerika Serikat ini tertangkap kamera sedang duduk santai dengan kaki dan tangan bersilang sambil mengenakan baju hangat. 

    Kehadiran Bernie Sanders terlihat sangat sederhana dan unik sebagai seorang senator. Setelah foto dirinya beredar, sejumlah meme ikut bermunculan sampai Ridwan Kamil pun ikut menjadikan foto Sanders sebagai meme. 

    Dari banyaknya meme yang bermunculan dan viral, seorang pengrajin boneka bernama Tobey King terinspirasi untuk membuat boneka rajut (crocheted doll) Bernie Sanders.

    “Pada Hari Pelantikan, ketika saya melihat meme itu sedang tren, saya berkata, ‘Oh, saya akan memilih pola itu, saya akan segera memodifikasinya agar terlihat seperti pakaian pelantikannya',” kata Tobey kepada Reuters, Kamis (29/1/2021).

    Tobey bercerita kalau pembuatan boneka rajut Sanders memakan waktu selama tujuh jam. Boneka Sanders kemudian dijual ke eBay. Uang hasil penjualan tersebut disumbangkan kepada sebuah organisasi non-profit, Meals on Wheels. 

    Di luar ekspektasi, boneka Sanders berhasil terjual dalam sebuah lelang dana amal senilai 40.600 dolar AS (Rp 572 juta). 

    "Bagi saya, hal terbaik untuk dilakukan adalah mulai mencoba dan membantu orang lain. Itu benar-benar membuat perbedaan," ujar Toby. 

    Tidak hanya Toby yang menjadikan gaya Sanders sebagai inspirasi boneka rajut, Sanders sendiri menjadikan meme dirinya sebagai sebuah desain merchandise

    Merchandise kaos tersebut dijual dengan harga 45 dolar AS (sekitar Rp 631.000) dan sold out dalam waktu 30 menit.

    Hasil penjualannya meraup angka Rp 25 miliar dan akan dialokasikan ke Meals on Wheel Vermont, sebuah organisasi nirlaba yang membagikan makanan gratis untuk warga Vermont.

    Editor Team

    COMMENT