Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 04 2020

    Manis dan Sehat, Berikut 7 Manfaat Madu dalam Kehidupan Sehari-hari

    Kawula Muda, ternyata ada banyak manfaat madu buat kesehatan tubuh kita. Jadi mulai konsumsi setiap hari ya.

    Madu. (FREEPIK.COM)

    Dikenal karena rasanya yang sangat manis, madu merupakan salah satu makanan yang wajib dikonsumsi sehari-hari jika ingin memiliki tubuh yang sehat juga wajah yang cantik.

    Ya, makanan yang dihasilkan oleh lebah dengan cara menghisap nektar bunga ini memang memiliki manfaat yang besar dalam aspek kesehatan hingga kecantikan.

    Lantas, apa saja manfaat madu dalam kehidupan sehari-hari?

    1. Meredakan batuk

    Memiliki senyawa dekstrometorfan seperti yang terdapat dalam obat batuk, madu murni mampu meredakan dan mengobati sakit batuk secara alami.

    Boleh dimakan secara langsung sebanyak 1-2 sendok makan atau bisa dicampurkan dengan air hangat, teh hangat, air lemon, atau bahkan roti tawar setiap hari.

    2. Meningkatkan kualitas tidur

    Selain meredakan batuk, mengonsumsi madu dengan cara-cara di atas sebelum tidur juga akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan juga berkualitas.

    Hal tersebut disebabkan karena madu mampu merangsang hormon yang membuat manusia mudah terlelap yakni melatonin, dan membatasi pelepasan orexin, hormon yang membuat manusia menjadi lebih waspada dan susah tenang.

    MADUMadu. (FREEPIK.COM)

      

    3. Sumber nutrisi yang lengkap

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki 1001 khasiat yang dapat menyehatkan tubuh. Hal itu dikarenakan madu mempunyai nutrisi yang cukup lengkap.

    Secara garis besar, madu merupakan campuran dari senyawa fruktosa (sekitar 38,5 persen) dan glukosa (sekitar 31,0 persen). Selain itu, madu juga mengandung karbohidrat, seperti maltose, sukrosa, lalu juga ada zinc, kalsium, protein, mineral, dan vitamin.

    4. Meningkatkan stamina

    Secara otomatis, jika nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terlengkapi, metabolisme tubuh juga meningkat. Tentunya, hal tersebut akan membuat stamina tubuh meningkat dan menjadi lebih kuat.

    5. Mengurangi berat badan berlebih

    Menurut hasil penelitian yang sudah diketahui secara umum, madu bebas dari kolesterol, lemak, dan sodium. Meskipun sering digunakan sebagai pengganti gula, madu tidak memiliki kandungan yang sama seperti gula dan minim risiko bagi tubuh.

    Jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu dengan rutin, madu dapat membantu proses pengurangan berat badan yang berlebihan dengan menyeimbangkan jumlah gula dalam tubuh dan menekan nafsu makan.

    MADUMadu. (FREEPIK.COM)

      

    6. Menyembuhkan luka

    Mengandung antioksidan, antibakteri, dan nilai pH yang efektif, membuat madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada luka, sehingga bisa cepat mengering dan segera pulih.

    Cara menggunakan madu sebagai penyembuh luka mudah. Bersihkan luka menggunakan kapas dan air hangat. Pastikan kapas harus dalam keadaan bersih.

    Setelah luka bersih, oleskan madu murni ke kapas, lalu tempelkan ke bagian tubuh yang sedang luka. Gunakan kain kassa dan plester sebagai perekat dan penutup agar madu dapat menempel sempurna di luka. Terakhir, ganti perban dengan rutin sehari sekali.

    7. Melembabkan dan memerahkan bibir

    Untuk kecantikan bibir, madu dapat dijadikan sebagai pelembab bibir atau scrub alami supaya bibir terlihat lebih cerah dan mengkilap.

    Cara menggunakan madu sebagai pelembab bisa dengan mengoleskan madu secara langsung ke bibir dan tunggu hingga kering sendiri.

    Sedangkan untuk scrub, bisa mencampurkan madu dengan gula, lalu gosokkan campuran tersebut ke bibir, terutama di bagian yang menghitam. Selamat mencoba!

    Editor Team

    COMMENT