Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 07 2021

    Merek Mode GUESS Dituduh Meniru Desain Tas Telfar, Berakhir Tarik Produksi Tas dari Pasaran

    Kawula Muda, kalau menurut lo tas nya mirip atau engga??

    grand-indonesia.com

    Merek mode GUESS baru saja mengeluarkan produk tas yang menuai kontroversi lantaran desainnya disebut mirip dengan tas merek Telfar. Tas tersebut memiliki desain yang simple, dengan warna hitam dan tali selempang panjang yang terbuat dari kulit. 

    Desain tas Telfar dirancang oleh pendiri merek itu sendiri yang bernama Telfar Clemens, seorang Liberia-Amerika. Tas tersebut bahkan berhasil memenangkan penghargaan Design Museum’s 2020 dan menjadi tas paling viral. Banyak selebritis terkenal yang menjadikan Telfar sebagai merek tas favoritnya seperti Bella Hadid, Oprah Winfrey, dan Dua Lipa. 

    Yang menjadi masalah, ketika kedua tas tersebut disandingkan oleh salah satu akun fashion di Instagram, netizen menilai keduanya memiliki desain yang sama persis. Tas Telfar dengan logo TC di tengah lingkaran dan GUESS juga dengan logo G ditengah lingkaran posisi letak logo keduanya pada tas juga serupa. 



    Walaupun yang menjadi fokus utama dari kemiripan kedua tas tersebut adalah dalam segi desain, harga tas dan ukuran yang mirip juga dipersoalkan. 

    Antoine Gregory seorang direktur mode dan pendiri Black Fashion Fair juga mengeluhkan hal ini lewat cuitannya di Twitter. Dilansir dari akun Twitternya, Gregory menyesalkan perusahaan besar seperti GUESS yang memiliki sumber daya dan modal yang besar pula, namun justru terlibat kontroversi perihal desain yang mirip, terlebih Gregory juga menyambungkan masalah ini dengan masalah rasial.

    Bagi Gregory, hal ini miris dilakukan oleh GUESS karena Telfar Clemens sebagai warga kulit hitam tidak memiliki hak istimewa seperti yang bisa dilakukan oleh merek sebesar GUESS. 




    Masalah ini berujung pada GUESS yang menarik seluruh produk tas dari pasaran dan dari pihak Telfar pun sudah merasa cukup dengan inisiatif independen GUESS menarik produknya. 

    Editor Team

    COMMENT