Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 15 2021

    Sering Gugup Saat Presentasi? Mungkin Kamu Belum Lakuin Tips Berikut ini!

    Kawula Muda, Pernah gak sih mau presentasi tiba-tiba tenggorokan terasa kaya tercekik!

    Presentasi. Ilustrasi. (FREEPIK)

    Setiap mau presentasi rasanya kaya mau ngilang! Apakah kamu termasuk salah satu orang yang merasa terbebani saat harus presentasi di depan banyak orang? Yup, ga semua orang punya kemampuan buat lancar berbicara di depan umum.

    Tapi sayangnya, mau gak mau kita tetap harus memiliki kemampuan presentasi dengan baik karena setiap orang akan dituntut untuk dapat berbicara di depan umum seperti presentasi di depan kelas untuk siswa dan mahasiswa maupun presentasi di depan kolega kantor dalam menyampaikan hasil kerja.

    Tapi tenang aja, kamu bisa ikutin tips berikut ini buat mengurangi rasa gugup saat presentasi:

    1. Persiapan! 

    Kamu perlu mempersiapkan penampilan sebelum melakukan presentasi, menggunakan baju yang rapi dan nyaman bisa bikin kamu tetap nyaman saat menyampaikan informasi dalam presentasi. Gak lupa sarapan dulu supaya kamu bisa fokus!

    2. Kuasai materi

    Jangan sampai kamu sendiri gak ngerti materi yang akan dipresentasikan! Kalau kamu menguasai materi otomatis kamu akan lebih siap saat melakukan presentasi dan gak perlu merasa gugup jika mendapat pertanyaan dari audience.

    3. Bawa Permen Fisherman’s Friend


    Kenapa sih harus bawa permen Fisherman’s Friend? Soalnya nih ya kandungan mintnya yang fresh bisa jadi mood booster sekaligus penyegar nafas. Jadi lebih PD dong presentasi di depan orang banyak! Udah gitu bisa bantu kamu melegakan nafas, jadi gak ada lagi deh tuh susah ngomong lancar pas presentasi!

    4. Kuasai peralatan 

    Saat presentasi kemungkinan kamu akan menggunakan alat bantu.Gak ada salahnya untuk kamu cari tau sedikit bagaimana cara menggunakan alat bantu seperti proyektor, laptop sehingga kamu bisa tetap percaya diri.


    Nah itu dia tips presentasi dari Prambors, kalau kamu sungguh-sungguh memperhatikan dan mengaplikasikan tips di atas dijamin presentasi kamu akan berjalan lancar dan sukses. 



    Editor Team

    COMMENT