Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 05 2020

    Sering Terbalik, Apa Sih Beda Fast Food dan Junk Food?

    Kawula Muda, jangan sampai tertukar ya kalau ngomongin dua jenis kateogri makanan ini.

    French Fries. (FREEPIK.COM)

    Terdengar mirip, penggunaan kata fast food dan junk food kerap kali tertukar. Hal tersebut juga didukung karena kedua makanan ini sama-sama dilabeli “tidak sehat” dan “berbahaya” untuk dikonsumsi oleh tubuh. Tetapi, apa benar begitu?

    Masalahnya, seiring dengan mobilitas masyarakat yang semakin aktif dan padat. Gaya hidup serba mudah dan kilat pun menjadi pilihan, meskipun tidak sehat. Maka dari itu, restoran dan warung yang menyajikan fast food dan junk food semakin menjamur dan sangat gampang untuk ditemukan.

    Jadi sebenarnya, apa sih beda fast food dan junk food? Berikut ulasan selengkapnya.

    Makanan yang dikategorikan fast food adalah makanan yang sudah melewati proses pengolahan tahap awal pembuatan sehingga ketika ingin disajikan hanya perlu melewati pengolahan lanjutan dengan waktu singkat. Sederhananya disebut makanan cepat saji.

    Sementara itu, makanan yang dikategorikan junk food adalah makanan nirnutrisi dan rendah gizi sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh. Jika dilihat dari namanya, makanan ini juga kerap dijuluki sebagai “makanan sampah”.

    Jika dilihat dari segi keperluan, karena kandungan gizinya yang sangat rendah, junk food sama sekali tidak diperlukan oleh tubuh. Di sisi lain, fast food masih memiliki gizi dan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh, meskipun tidak sebanyak makanan sehat lainnya.

    ANEKA CAMILANAneka camilan. (FREEPIK.COM)

     

     

    Tidak seperti junk food, makanan kategori fast food tidak selalu berbahaya dan tidak sehat. Contoh saja pecel dan buah-buahan. Kedua makanan ini termasuk dalam kategori fast food tapi kaya vitamin, serat, dan juga bergizi.

    Kedua kategori makanan ini juga dapat dibedakan dari segi penyajian. Junk food biasanya sudah diawetkan dan disajikan dalam keadaan tertutup atau kedap udara, sedangkan fast food disajikan dalam keadaan terbuka dan harus segera dimakan untuk kepentingan rasa dan bentuknya.

    Contoh makanan kategori junk food adalah cemilan manis, es krim, keripik kentang, makaroni kering, minuman bersoda, dan sebagainya. Contoh makanan kategori fast food adalah sushi, kebab, pecel sayur, sandwich, gado-gado, lothek, dan sebagainya.

    Jadi bagaimana, sudah bisa membedakan fast food dan junk food? Jangan sampai tertukar lagi ya!

    Editor Team

    COMMENT