Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 02 2021

    Billie Eilish Dituduh Plagiat Lagu “Fire Fighter” Milik Diamond White untuk “Ocean Eyes”

    Kawula Muda, padahal lagu "Ocean Eyes" telah dirilis 6 tahun lalu.

    Penyanyi dan penulis lagu Amerika, Billie Eilish. (TWITTER/MTV)

    Billie Eilish mengawali debutnya sebagai penyanyi lewat lagu Ocean Eyes. Penggemar Billie Eilish pasti sudah tahu kalau Ocean Eyes adalah lagu pertama yang dirilis oleh bintang berusia 19 tahun itu.

    Lagu itu pula yang membuat Billie pertama kali dikenal oleh publik. Pada 2015, Billie dan sang kakak yaitu Finneas (yang menulis dan memproduseri lagu tersebut) mengunggah Ocean Eyes ke SoundCloud dan lagu itu langsung menjadi viral.

    Billie kemudian mengeluarkannya sebagai single resmi pada 18 November 2016 dan memasukkannya ke dalam EP multi platinum miliknya, “Don't Smile at Me”.

    Namun baru-baru ini, Billie dan Finneas dihadapkan pada kritikan karena Ocean Eyes ternyata memiliki sejumlah kesamaan dengan lagu milik penyanyi jebolan The X-Factor USA, Diamond White.

    Enam tahun sejak Ocean Eyes diperdengarkan ke publik, Diamond White baru menyadarai bahwa lagu tersebut memiliki kesamaan dengan lagu unreleased miliknya berjudul Fire Fighter, yang pertama kali ditampilkan pada 2013.

    Pada Sabtu (28/08/2021), penyanyi berusia 22 tahun itu membagikan cuitan di Twitter, mengatakan bahwa lagunya tersebut diduga telah telah dicuri untuk Ocean Eyes.

    “Tunggu. Aku baru saja menyadari bahwa ada BEBERAPA HAL di (lagu) Ocean Eyes milik Billie yang diduga mencuri dari lagu (yang aku buat saat masih berusia) 13-14 tahun. Bukti menyusul…” tulis Diamond dalam cuitannya.

    Selang beberapa jam kemudian, ia mengunggah dua potongan lagu Fire Fighter miliknya, yang ia rekam dari voice note. Potongan audio itu menunjukkan bahwa terdapat kesamaan melodi di lagu tersebut dengan Ocean Eyes.


    Bandingkan dengan lagu Ocean Eyes berikut ini:

    Setelah mengunggah potongan klip audio tersebut, Diamond kembali menulis cuitan: "Aku sebenarnya menyukai Billie dan aku bahkan merasa tidak yakin tentang hal (plagiat) ini. Itu mungkin hanya beberapa hal yang kebetulan. Aku mau lanjut tidur saja.”

    Mendapati hal ini, tentu penggemar Billie Eilish tidak terima. Mereka balik menuduh bahwa Diamond telah berbohong dan mengaku-ngaku saja.

    “Jadi, kamu memberi judul voice note itu dengan ‘2013’, berharap agar kami percaya bahwa lagu itu memang dari tahun itu? girl bye," salah satu penggemar Billie Eilish menanggapi.

    Tak mau kalah, seorang penggemar Diamond dengan cepat menunjukkan bukti rekaman video yang memperlihatkan bahwa Diamond pernah membawakan lagu Fire Fighter di sekolah musik Little Kids Rock, pada 2013.

    Hingga artikel ini dimuat, baik Billie maupun Finneas belum mengomentari perbandingan antara kedua tersebut.

    Editor Team

    COMMENT