Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 01 2021

    Ini Daftar Lagu dan Lirik Kanye West dari Album “Donda” yang Bahas Tentang Kim Kardashian

    Hai Kawula Muda, ada yang baru nih dari Kanye West.

    Kanye West, rapper kenamaan Amerika Serikat. (TWITTER)

    Album terbaru Kanye West yang “Donda” akhirnya telah rilis pada Minggu (29/08/2021). Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah terdapat banyak lirik lagu yang mereferensikan mantan istrinya, Kim Kardashian, dalam album ini.

    Perceraiannya dengan Kim nampaknya menjadi momen terpenting dalam hidup rapper yang kin memiliki nama baru Ye ini, hingga kisah pribadinya dijadikan inspirasi album.

    Dari 27 trek di album “Donda", ada beberapa lagu yang baik secara gamblang maupun tersirat merujuk tentang perempuan yang pernah menjadi istri Kanye West selama enam tahun itu.

    KANYE WESTPenampilan Kanye West untuk album "DONDA". (TWITTER)

    Lagu apa saja dan lirik bagian manakah itu? Berikut rangkumannya:

    1. Jail

    "Better that I change my number so you can't explain".

    Menurut laporan Page Six, Kanye mengubah nomor teleponnya pada bulan Maret, sekitar satu bulan setelah Kim mengajukan gugatan cerai. Dengan demikian, Kim tidak dapat menghubunginya secara langsung dan hanya akan berkomunikasi melalui perwakilannya.

    "Guess who's getting 'exed? / You made a choice that's your bad, single life ain't so bad”.

    Kanye seolah menegaskan bahwa hidupnya sebagai seseorang yang single setelah berpisah dari Kim tetap baik-baik saja.

    2. Hurricane

    "Here I go, actin' too rich, here I go, with a new chick".

    Penggemar beranggapan bahwa lirik ini merujuk pada rumor kencan antara Kanye dan Irina Shayk yang muncul tak lama setelah Ye resmi berpisah dari Kim. Pada pertengahan Agustus, Ye dan Irina dikabarkan berpisah. Namun, kabar lain menyebut bahwa pasangan itu tidak pernah menjalin hubungan secara resmi, melainkan hanya menghabiskan waktu bersama tanpa ada ikatan yang jelas.

    "Architectural Digest, but I needed home improvement / Sixty-million-dollar home, never went home to it".

    Kanye dan Kim membeli sebuah rumah di California pada 2014, lalu merenovasinya dengan interior mewah serba putih. Awal tahun 2020, rumah senilai $60 juta (Rp855 miliar) tersebut ditampilkan di majalah Architectural Digest. Ditambah lagi, lirik “never went home” kemungkinan merujuk pada keputusan Kanye untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di luar rumah tersebut, yakni di Wyoming, sejak 2018.

    "Heated by the rumors, read into it too much / Fiendin' for some true love, ask Kim, 'What do you love?' / Hard to find what the truth is, but the truth was that the truth suck / Always seem to do stuff, but this time it was too much”.

    Tidak perlu banyak penjelasan untuk lirik ini, karena Ye secara jelas menyebut nama Kim di dalamnya.

    3. Off the Grid

    "I pray that my family they never resent me/ And she fell in love with me as soon she met me". 

    Kanye berharap agar keluarganya tidak membencinya karena lebih sibuk mengabiskan waktu di luar rumah, dan tentu ia sepertinya juga berharap bahwa Kim akan jatuh cinta lagi padanya.

    “First it go viral, then they get digital / Then they get critical, no, I'm not doin' no interview / Mask on my face, you can't see what I finna do / Had to move away from people that's miserable”

    Kanye menghabiskan jutaan dolar untuk tinggal di sebuah peternakan di Wyoming dan mulai menghabiskan sebagian besar waktunya di negara bagian itu sejak 2018. Dia juga mengalami perselisihan besar dan berkoar melalui serangkaian tweet (yang kini telah dihapus), menyalahkan keluarga Kim dan ibunya, Kris Jenner, karena sering membuat drama.

    4. New Again

    "’Cause you know you'd never live up to my ex, though".

    Lirik ini sepertinya merujuk tentang pasangan baru Ye. Ye seolah berbicara kepada pasangan barunya bahwa tidak akan ada orang yang lebih baik di matanya selain Kim.

    5. Come to Life

    "Bought a gift to Northie, all she want was Nikes".

    Jelas, lirik ini merujuk pada anak pertama Ye dan Kim, North West, yang menginginkan hadiah sepatu Nike.

    6. Lord I Need You

    "When you said give me a ring, you really meant a ring, huh? / Turned out to be more than just a fling, huh? / Three hours to get back from Palm Springs, huh? / Who you know spend an hour in Walgreens, huh? / You know you'll always be my favorite prom queen".

    Isu perselingkuhan memang sering mewarnai kehidupan rumah tangga Kim dan Ye. Tapi, di balik semua itu, Ye tetap menganggap Kim sebagai favoritnya.

    "You had a Benz at 16, I could barely afford an Audi".

    Kanye ingin menyinggung soal keluarga Kim yang kaya raya. Saat Kim berulang tahun ke-16, ayahnya memberikannya hadiah mobil. Meskipun bukan Mercedes-Bez seperti lirik lagu, melainkan BMW, tetap saja, hanya orang kaya yang mampu memberikan hadiah mewah semacam itu pada zamannya.

    "They rented a room, we bought the resort".

    Referensi lirik ini adalah untuk Kim dan Ye yang menyewa resort seluas 500 hektar di Pegunungan San Juan pada Agustus tahun lalu dengan biaya $43 ribu (RP612 juta) per malam. Kelasnya sultan memang beda. Di saat yang lain hanya mampu menyewa kamar, mereka dengan mudahnya menyewa seluruh resort.

    "Cussin' at your baby mama/Guess that's why they call it custody."

    Perceraian bagi pasangan yang telah  memiliki anak, tentu akan dihadapkan pada masalah hak asuh anak. Ye dan Kim sepakat untuk berbagi hak asuh atas anak-anak mereka.

    "But you came here to show that you still in love with me".

    Yang satu ini telah menjadi berita utama selama Kanye menggelar “Donda” listening party, di mana Kim selalu hadir di setiap acaranya. Dukungan yang ditunjukan Kim selama acara ditafsirkan oleh Ye sebagai tanda cinta Kim terhadap dirinya.

    "We used to do the freak like seven days a week"

    Jika “freak” yang dimaksud bermakna seksual, ya hanya mereka berdua yang tahu bagaimana detailnya.

    Editor Team

    COMMENT