Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 24 2021

    Pecah Rekor! Lagu “On The Ground” Milik Rose BLACKPINK Berhasil Puncaki Dua Chart Billboard

    Kawula Muda, Rose berhasil pecahkan rekor tertinggi solois perempuan Korea.

    Rose BLACKPINK debut solo dengan merilis album berjudul "-R-" dan single "On The Ground". (INSTAGRAM/ROSE BLACKPINK)

    Debut solo Rose BLACKPINK sepertinya berlangsung mulus dan sukses. Baru beberapa minggu melangsungkan debut sebagai solois, lagu On The Ground milik Rose berhasil menembus chart Billboard dan langsung menempati peringkat teratas

    Tidak hanya satu tangga lagu, Rose berhasil menjebol peringkat pertama dua chart bergengsi Billboard yaitu Billboard Global 200 dan Billboard Global selain Amerika Serikat.

    Pada Selasa (23/03/2021) Billboard memperbarui chart mingguan mereka dan lagu On The Ground milik Rose berhasil debut di peringkat pertama dalam dua chart sekaligus. Di chart Global 200, Rose berhasil mengalahkan beberapa musisi ternama dunia seperti Bruno Mars, Olivia Rodrigo, The Weeknd, BTS, Dua Lipa, Drake, dan juga Cardi B.

    Sementara itu, di chart Billboard Global selain Amerika Serikat, lagu On The Ground berhasil unggul atas lagu Dynamite, Driver License, Save Your Tears, Wellerman, dan masih banyak lagi lainnya.

    Ini menjadi sebuah prestasi tersendiri, karena sebelumnya BLACKPINK hanya bisa menduduki peringkat teratas Billboard Global dengan lagu Lovesick Girls pada Oktober 2020.

    ROSE BLACKPINKRose BLACKPINK saat pembuatan video musik "On The Ground". (INSTAGRAM/YG ENTERTAINMENT)

     

    Billboard Global 200 merupakan data seluruh dunia, sedangkan Billboard Global selain Amerika Serikat merupakan tangga lagu yang datanya berasal dari mancanegara selain Amerika. Prestasi yang diraih oleh Rose tersebut berdasarkan jumlah streaming dan penjualan dari 200 negara di dunia dan disusun oleh MRC Data.

    Berdasarkan data, lagu On The Ground berhasil di-streaming sebanyak 85,7 juta dan penjualan album fisik sebesar 22.000 kopi di luar Amerika Serikat pada 12-18 Maret 2021.

    Tak hanya itu, Rose juga berhasil memecahkan rekor baru sebagai solois K-Pop perempuan yang berhasil menembus Billboard Hot 100 dengan menempati peringkat ke-70.

    Billboard Hot 100 memang sering digunakan sebagai acuan popularitas lagu-lagu di Amerika Serikat dari berbagai genre. Untuk sistem penghitungannya berdasarkan streaming audio maupun video resmi, pemutaran di radio, dan data penjualan.

    Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh mantan member 2NE1, CL, yang berhasil masuk tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi ke-94 dengan Lifte, pada 2016.

    Selamat untuk Rose BLACKPINK!

     

    Editor Team

    COMMENT