Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 03 2021

    Tidak Kolaborasi, Kenapa Taylor Swift Dikreditkan di Album “Sour” Olivia Rodrigo?

    Kawula Muda, baru sekali bertemu, tetapi mereka sudah sangat akrab.

    Penyanyi Amerika Serikat, Olivia Rodrigo. (INSTAGRAM/OLIVIA RODRIGO)

    Olivia Rodrigo menuai sukses besar lewat album debutnya, “Sour”, yang baru dirilis pada 21 Mei 2021. Album tersebut baru saja debut di posisi nomor satu Billboard 200 dan dua lagu dari album tersebut berhasil memuncaki Billboard Hot 100 yaitu Drivers License dan Good 4 U.

    Salah satu hal yang disoroti dari album tersebut adalah munculnya nama Taylor Swift yang dikreditkan sebagai co-writer di lagu 1 Step Forward, 3 Steps Back, padahal tidak ada kolaborasi antara Taylor dan Olivia.

    Tidak hanya Taylor Swift, lagu tersebut juga mengkreditkan Jack Antonoff yang dikenal sebagai kolaborator Taylor dalam penggarapan beberapa albumnya seperti “1989”, “Reputation”, “Lover”, “Folklore”, dan “Evermore”.

    Jika tidak ada kolaborasi, bagaimana bisa nama Taylor dan Jack muncul di album “Sour”?

    Dalam wawancaranya bersama Zach Sang Show baru-baru ini, Olivia menjelaskan bagaimana nama Taylor Swift dan Jack Antonoff dikreditkan di album debutnya.

    TAYLOR SWIFTPenyanyi Amerika Serikat, Taylor Swift, saat menghadiri Grammy Awards 2021. (INSTAGRAM/RECORDING ACADEMY)

     

    Olivia memang tidak berkolaborasi dengan Taylor maupun Jack untuk lagu 1 Step Forward, 3 Steps Back. Namun, ia menggunakan sampel instrumental dari lagu New Year’s Day milik Taylor untuk mengiringinya menyanyikan lagu tersebut.

    New Year’s Day merupakan salah satu lagu dari album 2017 Taylor Swift, “Reputation”. Taylor menggarap lagu tersebut bersama Jack Antonoff.

    "Kami menyisipkan New Year's Day yang merupakan lagu Taylor dari album ‘Reputation’," ujar Olivia.

    "Aku memulai dengan konsep 1 Step Forward, lalu aku menulis lirik di bagian verse dan chorus. Saat itu, aku sedang dalam perjalanan dan berada di mobil, dan ketika sampai di rumah aku memutuskan untuk menyanyikannya di atas chord New Year’s Day,” ujar penyanyi sekaligus aktris berusia 18 tahun itu.

    “Menurutku lagu itu adalah akord yang sangat indah. Aku cukup beruntung bisa mendapatkan persetujuan untuk menggunakannya, dan sekarang lagu itu ada di dalam albumku,” kata dia lagi.

    Penggemar berat Taylor Swift mungkin akan dengan cepat menangkap kode halus tentang angka favorit Taylor yaitu 13 yang diselipkan dalam judul lagu 1 Step Forward, 3 Steps Back. Namun, Olivia punya penjelasan lain terkait judul lagu tersebut.

    "Aku sangat menyukai konsep 1 Step Forward, 3 Steps Back. Seseorang pernah mengirim pesan teks (berisi kalimat itu) kepadaku, dan aku merasa 'Ooo, ini benar-benar menarik. Aku belum pernah mendengar seseorang mengatakan hal semacam itu'. Menurutku itu akan menjadi cara yang keren untuk menggambarkan hubungan yang toksik dan manipulatif ini,” ujar Olivia menjelaskan.

    Olivia selama ini sangat vokal menyebut Taylor sebagai idola dan sumber inspirasinya. Meskipun baru bertemu secara langsung untuk pertama kalinya saat sama-sama menghadiri BRIT Awards 2021, Olivia dan Taylor telah cukup sering berinteraksi di media sosial.

    Taylor memberikan ucapan selamat kepada Olivia ketika single debutnya, Drivers Licence, berhasil memuncaki tangga lagu. Pada April 2021, Taylor juga sempat meminta bantuan Olivia dan Conan Gray yang disebut sebagai “anak-anak”-nya, untuk mempromosikan album rekaman ulangnya “Fearless (Taylor’s version)” melalui TikTok.

    Editor Team

    COMMENT