Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 21 2022

    4 Pemakaman Termahal di Dunia, Ratu Elizabeth II Biayanya Melebihi Penyelenggaraan Olimpiade

    Kawula Muda, pemakaman Ratu Elizabeth II telah dipersiapkan sejak puluhan tahun lalu.

    Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. (TWITTER)


    Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah berlangsung pada Senin (19/09/2022). Pemakaman yang berlangsung di Kapel St George, Kastil Windsor, Inggris ini dikabarkan menjadi salah satu yang termahal di dunia.

    Karena berbeda dari prosesi pemakaman pada umumnya, pemakaman Ratu Elizabeth II telah dipersiapkan sejak bertahun-tahun lalu.

    Ratu Elizabeth II dikabarkan dimakamkan di sebuah brankas kerajaan yang terletak di bawah Kapel Memorial Raja George VI di Kastil Windsor.

    Jenazah ratu yang telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun itu memang tidak dikubur di tanah, sehingga peti matinya harus dibuat khusus.

    Peti mati yang dipakai dalam proses pemakaman Ratu Elizabeth II kabarnya telah dibuat sejak 30 tahun yang lalu. Peti mati tersebut terbuat dari kayu oak berlapis timah, yang bahan utamanya sudah sangat langka.

    RATU ELIZABETHRatu Inggris, Elizabeth. (INSTAGRAM/DAVID BECKAM)

     

    Meskipun pihak Istana Buckhingham tidak merilis biaya pemakaman Ratu Elizabeth II secara resmi, diperkiran proses tersebut telah menghabiskan dana hingga 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 136,4 miliar.

    Menurut mantan petugas keamanan kerajaan, biaya keamanan untuk proses pemakaman Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai 6,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 112 miliar. Kemungkinan biaya total untuk pemakaman Ratu Elizabeth II lebih besar dari biaya keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London.

    Selain Ratu Elizabeth II, berikut ini adalah 4 pemakaman termahal di dunia, seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

    Pemakaman Alexander The Great

    Raja dari Yunani Makedonia selama abad ke-4 SM, Alexander The Great dilaporkan menjadi salah satu orang yang menjalani proses pemakaman dengan biaya termahal di dunia. Peti matinya saja terbuat dari lapisan emas dan diangkut dengan menggunakan kereta emas yang ditarik 60 ekor kuda.

    Jasad Raja Yunani itu kemudian dibawa ke Mesir dan memakan waktu hingga dua tahun. Biaya seluruh pemakaman Alexander The Great disebutkan setara 600 juta dolar AS pada 2011 lalu.

    Pemakaman Paus Yohanes Paulus II

    Ketika Paus Yohanes Paulus II meninggal dunia pada 2005 lalu, pemakamannya diadakan di Basilikia Santo Petrus di Roma. Proses pemakaman yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan pejabat tinggi dari seluruh dunia itu, berlangsung selama beberapa hari.

    Hal tersebut dikarenakan proses pemakaman mencakup beberapa ritus suci di antaranya ritus kematian Kepausan, ritus kunjungan, misa istirahat, misa requem, dan ritus pemakaman. Takhta Suci menyebutkan bahwa biaya pemakaman Paus Yohanes Paulus II mencapai 9 juta dolar AS.

    Kim Jong Il

    Kematian salah satu pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, menjadi satu peristiwa paling diingat oleh warganya. Pemerintah Korea Utara disebutkan telah menggelontorkan sejumlah uang untuk mengukir nama Kim Jong Il dan sang ayah, Kim Il Sung, di Towers of Eternal Life.

    Enggak cuma itu, pemerintah Korut juga membuat patung Kim Jong Il senilai Rp 136,9 miliar agar warganya bisa mengenang sosoknya. Untuk pemakamannya, pemerintah Korut sampai harus memesan pengawet jenazah langsung dari Rusia dan membuat peti mati khusus yang terbuat dari kaca.

    Sementara, untuk pemeliharaan jenazah Kim Jong Il diperkirakan mencapai 2,5 juta dolar AS per tahun. Pemakaman Kim Jong Il diperkirakan telah menghabiskan biaya hingga 40 juta dolar AS atau sekitar Rp 599,1 miliar.

    Pemakaman Putri Diana

    Kepergian Putri Diana setelah terlibat kecelakaan mobil di Paris pada Agustus 1997 telah meninggalkan duka yang mendalam tidak hanya untuk keluarga Inggris, tapi juga warga dunia. Jenazah Princess of Wales ini juga dimakamkan di peti mati berlapis timah yang beratnya diperkirakan seperempat ton. Biaya pemakaman Putri Diana diperkirakan telah menghabiskan dana hingga 8 juta dolar AS.

    Selain mereka, sejumlah tokoh penting lainnya seperti Ronald Reagan, John F Kennedy, Sir Winston Churchill, Margaret Thatcher, hingga Michael Jackson disebut-sebut memiliki prosesi pemakaman termahal di dunia.

    Editor Team

    COMMENT