Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 09 2020

    Dirundung karena Gagap dan Lamar Kekasih sampai Lima Kali, Ini Dia Presiden Terpilih AS, Joe Biden

    Hai Kawula Muda, kata menyerah sepertinya tak ada dalam kamus hidup seorang Joe Biden. Keren!

    Presiden terpilih AS, Joe Biden. (TWITTER/THE DEMOCRATS)

    Kini, tinggal selangkah lagi Joe Biden akan menuju Gedung Putih dan menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), setelah berhasil melampaui batas minimal perolehan 270 suara electoral pada Sabtu (7/11/2020).

    Joe Biden adalah seorang politisi kawakan AS yang telah berkiprah selama 36 tahun di Senat dan 8 tahun sebagai Wakil Presiden AS.

    Kehidupan Biden diwarnai beberapa berita sepak terjangnya di pemerintahan Barack Obama sebagai wakil presiden, hingga tragedi yang menimpa keluarganya.

    Mengenal lebih dekat presiden terpilih AS ke-46, ini dia beberapa fakta menarik Joe Biden seperti yang dikutip dari Guardian.

    Gagap dan dijuluki Si bye bye

    Lahir di Pennsylvania pada 1942 dari keluarga Katolik, Joe Robinette Biden Jr kecil ternyata sempat gagap dalam berbicara. Menghabiskan waktunya tumbuh di Scranton, Philadelphia, Biden pernah diolok teman-teman sekelasnya karena bicaranya yang terbata-bata.

    Biden yang berusia 10 tahun diejek “bye bye” oleh teman sebayanya, karena tak mampu mengucapkan nama belakangnya (Biden) dengan benar.

    Pemain American football saat SMA

    Biden remaja pernah bermain American footbal di Archemere Academy, sebuah sekolah Katolik setingkat sekolah menengah atas. Dia menjadi wide receiver dan half back.

    Biden pernah berhasil menangkap 19 operan touchdown dengan sangat mengesankan.

    JOE BIDENJoe BIden muda ternyata pernah main di American Football. (INSTAGRAM)

     

    Gagal tes kesehatan untuk ikut Perang Vietnam

    Lulus SMA, Joe Biden kuliah di Universitas Delaware dan kemudian memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse pada 1968. Kemudian ia direkrut untuk dinas dalam Perang Vietnam, tetapi gagal dalam tes kesehatan karena memiliki riwayat penyakit asma.

    Pernah mengalami tragedi keluarga

    Biden sempat kehilangan istri pertamanya, Neilia, dan bayi perempuan mereka, Naomi yang berusia 1 tahun, karena kecelakaan mobil pada 1972. Sementara itu, kedua putranya, Beau dan Hunter, yang berada dalam mobil yang sama berhasil selamat.

    Kemudian putra tertuanya, Beau, meninggal dunia karena kanker otak pada 2015.

    Kesukaan-kesukaan Biden

    Dalam sebuah wawancara pada 2008, Biden mengaku film yang jadi kesukaannya adalah Chariots of Fire.

    Kemudian Biden juga mengaku suka makanan manis dan memanjakan diri dengan makan es krim. Dia bahkan pernah berkata, “Saya tidak minum, saya tidak merokok, tapi saya makan banyak es krim”.

    Biden pernah memiliki dua ekor anjing bernama Mayor dan Champ yang ia beli pada 1967 untuk mendiang istrinya, Neila.

    Menikah lagi

    JOE BIDEN JILLJoe Biden dan sang istri, Jill Biden. (INSTAGRAM/JILL BIDEN)

     

    Pada 1975, Joe Biden bertemu dengan Jill Tracy Jacobs melalui perkenalan kencan buta. Setelah itu, Biden melamar Jill hingga lima kali, sampai akhirnya diterima dan mereka menikah pada 1977.

    Biden sering dengan bangga menyebut dirinya sebagai “suami Jill Biden”. Dan setelah mendapatkan nominasi dari Partai Demokrat, Joe Biden berkata, “Pikirkan saja pendidik favorit Anda yang memberi Anda kepercayaan diri untuk percaya pada diri sendiri. Seperti itulah Ibu Negara Jill nantinya.”

    Dua kali nyapres

    Sebelumnya, Joe Biden pernah dua kali mencalonkan diri sebagai Presiden AS, pertama pada 1987 dan kedua pada 2008. Pada pencalonan kedua, ia mengundurkan diri dan menjadi pasangan Barack Obama hingga dua periode.

    Presiden tertua dalam sejarah AS

    Setelah resmi dilantik pada 20 Januari 2021, Joe Biden akan menjadi presiden tertua selama sejarah AS, yakni berusia 78 tahun 61 hari.

    Karenanya, dia mengatakan harus memilih wakil presiden yang nanti dapat menggantikannya di Gedung Putih, mengingat usianya yang sudah lanjut. Orang itu adalah Wakil Presiden Kamala Harris.

    JOE BIDEN KAMALA HARRISPasangan Presiden dan Wakil Presiden AS, Joe Biden dan Kamala Harris. (INSTAGRAM/KAMALA HARRIS)

     

    Editor Team

    COMMENT