Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 20 2021

    NASA Sukses Terbangkan Helikopter Ingenuity ke Mars

    Kawula Muda, keren banget ini ya.

    Helikopter NASA yang sampai di Planet Mars. (INSTAGRAM/NASA)

    National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan kesuksesan mereka menerbangkan Helikopter Ingenuity ke planet Mars pada Senin (19/04/21), setelah sempat tertunda selama lebih dari seminggu akibat permasalahan teknis.

    Menurut laporan dari situs Mint, Helikopter Mars Ingenuity diterbangkan pada pukul 06.15 waktu Amerika Serikat dan disiarkan secara langsung oleh NASA.

    Perjalanan helikopter seberat 1,8 kilogram ke Mars sebenarnya sudah ditetapkan pada minggu lalu, tetapi ditunda setelah dideteksi adanya masalah yang harus segera diperbaiki.

    NASA menyebut penerbangan helikopter ke Mars memang belum pernah terjadi sebelumnya karena sangat berisiko. Planet Mars memiliki tekanan udara yang sangat tipis, yaitu kurang dari satu persen tekanan atmosfer bumi.

    Menurut laporan dari situs Science Focus, Helikopter Mars Ingenuity berhasil melayang di udara dengan jarak 3 meter, sebelum akhirnya turun dan mendarat kembali di permukaan Mars.

    "Sekarang, kami dapat berkata bahwa manusia sudah berhasil menerbangkan helikopter di planet lain," kata MiMi Aung, manajer proyek Helikopter Mars Ingenuity di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA.

    "Kami sudah lama berbicara soal momen Wright bersaudara, dan akhirnya, inilah dia," kata dia manambahkan.

    Penerbangan Helikopter Mars Ingenuity setara dengan penerbangan bertenaga pertama yang pernah dilakukan oleh Wrigt bersaudara pada 1903 di Kitty Hawk, Carolina Utara.

    Sepotong kain dari pesawat Wright bersaudara sudah diselipkan ke dalam Helikopter Ingenuity sebagai bentuk penghormatan terhadap prestasi luar biasa mereka.

    Kesuksesan penerbangan Helikopter Ingenuity ke Mars pun disinyalir kalau manusia suatu saat nanti bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa.

    Editor Team

    COMMENT