Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 13 2022

    Kontroversi Messi yang Terancam Absen dari Argentina vs Kroasia

    Hal ini berkaca saat Argentina vs Belanda kemarin.

    Selebrasi gol Lionel Messi kepada Pelatih Belanda, Louis Van Gaal (WASHINGTON TIMES)


    Lionel Messi terancam absen saat bertanding melawan Kroasia di laga semifinal Piala Dunia 2022 pada Rabu, 14 Desember 2022 mendatang.

    Kapten Timnas Argentina ini disebabkan oleh FIFA yang sedang membuka investigasi terhadap Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) atas dugaan pelanggaran Kode Disiplin pasal 12 tentang pelanggaran pemain dan ofisial dan pasal 16 yang berkaitan dengan ketertiban dan keamanan di pertandingan saat laga perempat final Argentina vs Belanda.

    "Selain itu Komite Disiplin FIFA telah membuka proses (investigasi) terhadap Asosiasi Sepak Bola Belanda karena potensi pelanggaran pasal 12 Kode Disiplin FIFA sehubungan dengan pertandingan yang sama," terang pernyataan FIFA melansir laman CNN Indonesia, Selasa (13/12/2022).

    Lionel MessiLionel Messi saat prrotes dengan Pelatih Belanda, Louis Van Gaal (ESPN)

    Pertandingan terakhir Argentina yang melawan Belanda, cukup sengit hingga wasit Mateu Lahoz mengeluarkan 18 kartu kuning pada pertandingan tersebut.

    Berikut adalah kontroversi Messi dalam laga Argentina vs Belanda:

    Selebrasi provokatif

    Setelah adu panas di lapangan bersama Belanda, pada menit ke-73 Messi berhasil mencetak gol. Dia kemudian melakukan selebrasi dengan menaruh kedua tangannya di telinga menghadap ke arah bangku cadangan Belanda dengan jarak dekat.

    Aksi itu disebut provokatif karena bentuk kekesalan Messi terhadap komentar Pelatih Belanda, Louis Van Gaal sebelum pertandingan berlangsung.

    "Van Gaal berkata mereka mainkan sepak bola bagus dan mereka tempatkan pemain di kotak penalti dan memulai bola-bola panjang," terang Messi.

    "Saya merasa tak dihormati Van Gaal usai komentarnya sebelum laga dan beberapa pemain Belanda terlalu banyak bicara," lanjutnya.

    Asisten pelatih Belanda, Edgar Davids melihat selebrasi Messi. Sementara itu, Louis Van Gaal sedang berdiskusi dengan asisten pelatih lainnya.

    Menentang Louis Van Gaal

    Lionel MessiLionel Messi saat prrotes dengan Pelatih Belanda, Louis Van Gaal (ESPN)

    Setelah adu penalti melawan Belanda selesai, Messi menghampiri Van Gaal dan terlihat mengucapkan sesuatu. Bahkan, lelaki 35 tahun ini harus ditenangkan oleh Edgar Davids, Kawula Muda.

    Dilansir dari CNBC Indonesia, Messi melakukan hal demikian karena kesal lantaran ucapan Van Gaal saat jumpa pers yang menyebut Timnas Belanda akan "mematikan" Messi dalam laga.

    Kritik Wasit Mateu Lahoz

    Wasit Mateu Lahoz juga terkena kritikan oleh Messi saat diwawancarai setelah pertandingan. Menurutnya, Lahoz tidak bekerja sesuai standar.

    "Saya tidak ingin berbicara tentang wasit karena Anda bisa disanksi. Tapi mereka tidak bisa begitu saja menugaskan wasit yang tidak sesuai dengan levelnya," ucap Messi.

    Sebanyak 18 kartu kuning yang dikeluarkan oleh Lahoz menjadi rekor terbanyak di Piala Dunia 2022. 

    Keputusan wasit itu dinilai Messi bisa merugikan timnya, ditambah pula masa perpanjangan waktu babak kedua berjalan sampai 10 menit.

    Sementara itu, setelah laga kontroversional Argentina vs Belanda, wasit bernama lengkap Antonio Mateu Lahoz tidak akan kembali memimpin pertandingan Piala Dunia 2022 dan telah dipulangkan oleh FIFA.

    Wasit asal Spanyol tersebut dipulangkan sendirian dan ketiga ofisial dari Spanyol lainnya masih akan bekerja di Piala Dunia 2022 Qatar.

    Editor Team

    COMMENT