10 Film Horor Terseram dari Masa ke Masa, Berani Nonton?

Ngeri banget semuanya :(

Ilustrasi sedang menonton film horor (FREEPIK)
Mon, 15 May 2023

Menonton film horor tentu menjadi hiburan tersendiri. Terdapat sensasi menyenangkan yang dirasakan setelah detak jantung yang berdegup kencang serta teriak kencang yang sekali-kali dilontarkan. 

Tak heran, banyak yang mengatakan bahwa industri film horor tidak akan pernah mati. Buktinya saja, berbagai film horor lawas masih memiliki popularitas yang tinggi dan digemari masyarakat. Bahkan, tak jarang pula terdapat remake dari film-film menyeramkan tersebut.

Untuk Kawula Muda yang sedang membutuhkan asupan film horor, berikut 10 rekomendasi film horor terbaik dari masa ke masa. Berani maraton nonton, Kawula Muda?

The Exorcist (1973)


Merupakan adaptasi dari novel berjudul sama, The Exorcist menceritakan tentang seorang gadis kecil yang kerasukan setan. Sang ibu yang khawatir pun mencoba menyembuhkan putrinya lewat exorcism (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik. 

Atas banyaknya adegan sadis yang mengerikan dari film ini, The Exorcist dilarang tayang di beberapa kota. Namun, film ini tetap populer dan mendapat penghasilan kotor hingga 402 juta dolar AS dan memenangkan dua Piala Oscar. Film ini pun kerap dibuat remake dari tahun ke tahun, Kawula Muda!

The Texas Chainsaw Massacre (1974)


Film ini bermula ketika lima sahabat memberi tumpangan kepada seseorang yang mereka temui di tengah jalan. Siapa sangka, orang asing tersebut adalah pembunuh yang keji?

Setelah menurunkan sang penumpang secara paksa karena berlaku aneh, lima orang tersebut diikuti dan diburu oleh sang orang asing dan keluarga psikopatnya. Hal yang sangat mengerikan dari film ini yakni pembunuhan brutal dengan senjata gergaji mesin yang ikonis. Ngeri!

Halloween (1978)


Lima belas tahun setelah membunuh saudara perempuannya pada malam Halloween 1963, Michael Myers melarikan diri dari rumah sakit jiwa dan kembali ke kota kecil Haddonfield, Illinois untuk membunuh lagi.

Lewat berbagai teror pembunuhan sadis nan mengerikan, film ini menjadi tonggak awal perkembangan sub genre horor slasher di dunia loh, Kawula Muda! Halloween juga menjadi salah satu horor independen terlaris sepanjang masa, loh!

The Shining (1980)


Film ini menceritakan tentang Jack dan keluarganya yang pindah ke sebuah hotel terpencil dengan masa lalu mengerikan. Hidup terisolasi, Jack mulai kehilangan kewarasannya dan hal itu mulai memengaruhi anggota keluarganya.

Film ini adalah sebuah horor klasik yang merupakan adaptasi novel karya Stephen King berjudul sama. The Shining pun berhasil memenangkan beberapa penghargaan, termasuk National Film Registry dari National Film Preservation Board USA. 

The Ring (2002)


Setelah kematian mengerikan keponakannya, Rachel, seorang wartawan muda, menyelidiki rekaman video misterius. Rupanya, video tersebut adalah tayangan terkutuk yang dapat membunuh penontonnya dalam waktu satu minggu.

Film lawas ini diangkat dari film horor Jepang berjudul Ringu dan diadaptasi dari novel karya Koji Suzuki. Kisah filmnya yang sangat menyeramkan membawa The Ring ke sejumlah penghargaan bergengsi, mulai dari Best Horror Thriller Film Golden Trailer Award 2003, hingga Best Horror Film Saturn Award 2002. 

Insidious (2010)


Film horor yang satu ini merupakan salah satu horor terpopuler dan legendaris dari Hollywood. Kini, telah banyak perkembangan dari film ini hingga membentuk Insidious Chapter 2 dan Insidious Chapter 3. 

Film pertama tersebut pun menceritakan tokoh Josh dan Renai Lambert pindah ke sebuah mansion baru bersama ketiga anak mereka. Keadaan berubah mengerikan ketika Dalton dan anak mereka terjatuh dan koma setelah serangan teror supranatural di loteng.

Sinister (2012)


Mengisahkan teror sosok hantu yang mengerikan, tidak heran apabila Sinister masuk ke salah satu film horor terseram sepanjang masa. Adapun naskah film ini terinspirasi dari mimpi sang penulis, C. Robert Cargill, usai menonton The Ring. 

Sinister mengikuti kisah Ellison, seorang novelis kriminal yang pindah ke rumah tempat sebuah keluarga terbunuh. Ia menemukan kotak berisi video yang berisi pembunuhan secara brutal. Setelah melihat adanya keterlibatan kekuatan supranatural dalam pembunuhan tersebut, ia menyadari bahwa keluarganya dalam bahaya

The Conjuring (2013)


Film ini digarap berdasarkan kisah supranatural nyata paranormal Ed dan Lorraine Warren. The Conjuring menjadi salah satu film horor tersukses dan digarap menjadi sekuel pada 2016 dan 2021.

The Conjuring pertama menceritakan tentang suami istri Rod dan Carolyn yang menyadari keluarga mereka tengah diganggu oleh roh jahat. Keduanya pun akhirnya meminta bantuan pada pasangan ahli supranatural untuk menyelidiki masalah ini.

IT (2017)


Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King, film ini menceritakan tentang teror monster dengan balon merah. Diketahui, cerita teror ini terinspirasi dari pembunuh berantai John Wayne Gacy yang melakukan 33 kasus pembunuhan. 

Sinopsis film ini menyoroti sekelompok remaja tertindas yang bersatu. Pada musim panas 1989, mereka berusaha menghancurkan sesosok monster mengerikan yang menyamar dalam wujud badut menakutkan dan suka memangsa anak-anak kecil.

Hereditary (2018)


Berfokus pada kutukan turut temurun, Hereditary mengikuti kisah keluarga yang diganggu sosok mistis. Setelah kematian sang nenek, rasa duka menjadi ketakutan akibat adanya ‘aib’ mistis yang diturunkan oleh sang nenek. 

Atas cerita yang runtut, plot yang menarik dengan teka-teki mistis, dan sinematografi yang ciamik, film ini pun menjadi salah satu horor populer di 2018 lalu. 

Film horor paling seram mana yang sudah lo tonton, Kawula Muda?

Berita Lainnya