10 Lagu Populer Terbaik Coldplay yang Harus Masuk Playlist Lo!

Mana yang favorit lo, Kawula Muda?

Dokumentasi konser Coldplay (INSTAGRAM/COLDPLAY)
Mon, 08 May 2023

Coldplay merupakan salah satu band terpopuler di dunia. Berbagai lagu lawas Coldplay pun masih eksis hingga sekarang. Di sisi lain, lagu-lagu lama sampai terbarunya juga kerap menjadi hits di berbagai tangga nada internasional.

Sepanjang kariernya, Coldplay telah banyak mengeksplorasi musik dari berbagai genre. Sebut saja rock alternatif, elektro-pop, hingga EDM. Walau begitu, ciri khas milik band populer tersebut adalah lirik yang dalam, penuh emosi, dan konsisten sepanjang diskografi mereka. 

Coldplay (INSTAGRAM/COLDPLAY)

 

Atas perjalanan Coldplay selama lebih dari 23 tahun sejak debut album pertama Parachutes, berbagai rekor hingga piala kemenangan berbagai awards pun telah band tersebut bawa pulang. 

Mereka juga telah memenangkan tujuh piala Grammy untuk kategori Best Alternative Music Album (Parachutes), Best Rock Performance By A Duo Or Group With Vocal (In My Place), Best Alternative Music Album (A Rush Of Blood To The Head), Record Of The Year (Clocks), Song Of The Year (Viva La Vida), Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocal (Viva La Vida), serta Best Rock Album (Viva La Vida Or Death And All His Friends).

Untuk Kawula Muda yang berencana memasukkan lagu-lagu Coldplay ke dalam playlist lo, berikut rekomendasinya!

1. “A Sky Full of Star”


Penuh dengan musik yang upbeat dan bernada riang, lagu ini sebenarnya memiliki kesedihan sendiri. “A Sky Full Of Star” rupanya berbicara tentang seseorang yang jatuh cinta. Walau sikap dan tindakan sang pasangan menyakitkan, sosok tersebut akan tetap terlihat indah dan layak untuk dicintai layaknya langit yang penuh bintang-bintang indah. 

2. “Yellow” 


Layaknya judul lagu ini, Coldplay ingin menyebarluaskan arti warna kuning untuk mereka, yakni kebahagiaan dan kehangatan. Karena itu, “Yellow” kerap diasosiasikan sebagai lagu kasih sayang kepada sang kekasih. Lagu ini pun turut menggambarkan bahwa sang kekasih bukan hanya indah secara penampilan, melainkan juga sisi kepribadiannya. Romantis sekali bukan?

3. “In My Place”


Lekat dengan kisah cinta segitiga, “In My Place” menceritakan seseorang yang menyukai seseorang. Namun, rupanya orang tersebut sudah memiliki kekasih, Kawula Muda! Lewat liriknya, Coldplay pun menegaskan bahwa orang tersebut tetap akan menunggu hingga mendapat kesempatan untuk mendekati sang pujaan hati. 

4. “The Scientist”


Merupakan lagu yang disebut Coldplay sebagai lagu yang akan dimainkan selamanya, “The Scientist” menceritakan tentang penyesalan. Tepatnya, penyesalan karena terlalu sibuk mengejar ambisi hingga ditinggalkan oleh sang kekasih. Memiliki nada yang sederhana tetapi tetap indah saat didengar, lagu ini kerap menjadi favorit banyak orang, Kawula Muda! 

5. “Everglow”


Lagu yang satu ini menceritakan tentang perpisahan dalam hubungan percintaan sehingga rasa sedih datang. Namun, orang tersebut harus tetap tersenyum di depan dunia dan berusaha menerima kenyataan. Diketahui, lagu ini merupakan kisah percintaan vokalis Coldplay Chris Martin dengan mantan istrinya Gwyneth Paltrow yang memutuskan untuk berpisah secara baik-baik. 

6. “Fix You”


Membicarakan soal rasa sedih karena kehilangan seseorang yang berarti, “Fix You” juga ditulis berdasarkan pengalaman nyata sang penulis, Chris Martin. Will Champion turut mengatakan bahwa “Fix You” menggambarkan masa-masa sulit usai ditinggalkan oleh sang kekasih, tepatnya sang mantan istri Chris, Gwyneth. 

7. “Clocks”


Merupakan salah satu lagu yang populer, “Clocks” menggambarkan seorang pria yang memiliki masalah dengan sang kekasih. Takut masalah menjadi semakin berakar kuat sehingga keduanya kehabisan waktu, pria tersebut pun memohon dan menginginkan agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan. Karena itu, lagu adalah lagu yang menggambarkan keinginan seseorang untuk menghabiskan waktu berharga bersama kekasih yang ia cintai. 

8. “Charlie Brown”


Memiliki judul yang sama dengan nama pada tokoh kartun Snoopy, lagu ini menceritakan tentang masa muda. Dengan memberi analogi tokoh Charlie sebagai sentuhan, lagu ini memiliki pesan bagi para anak muda bahwa tidak apa-apa untuk menjadi liar dan bebas. Coldplay turut menegaskan bahwa masa muda adalah waktu berharga yang indah loh, Kawula Muda! 

9. “Shiver”


Tidak penuh dengan ingar-bingar layer synth seperti lagu Coldplay lainnya, lagu ini konon terinspirasi dari sosok pengagum rahasia. Liriknya pun seolah mengisyaratkan manusia yang tidak pernah dianggap keberadaan dan cintanya oleh sang pujaan hati. Cukup ngenes dan relatable ya, Kawula Muda! 

10. “Viva La Vida”


Merupakan musik yang membawa Coldplay untuk piala Song Of The Year dari Grammy, lagu ini sangat populer. Dalam wawancara, Chris Martin menyebut lagu ini terinspirasi dari sosok seniman Frida Kahlo yang memiliki karya terakhir berjudul Viva La Vida. “Viva La Vida” menceritakan sosok tersebut yang tetap memiliki semangat hidup walau telah melewati berbagai rintangan dan kesulitan. 

Berita Lainnya