50 Fakta Lengkap tentang BLACKPINK yang BLINK Wajib Tahu

Lo udah dapet tiket konsernya belum, Kawula Muda?

Girl group asal Korea Selatan yang populer, BLACKPINK (TWITTER/BLACKPINK)
Tue, 28 Feb 2023

BLACKPINK merupakan fenomena global. Merupakan salah satu bintang Korea Selatan paling bersinar saat ini, girl group tersebut banyak disukai oleh para penggemar. 

Jika lo salah satunya, tentu rasanya kurang apabila tidak mengetahui fakta-fakta BLACKPINK berikut, Kawula Muda!

BlackPink (INSTAGRAM/BLACKPINK)

  

1. BLACKPINK terdiri dari 4 anggota yakni Jisoo (vocalist dan visual), Jennie (main rapper dan vokalis), Rosé (main vocalist), dan Lisa (rapper dan main dancer). Mereka debut pada 8 Agustus 2016. 

2. BLACKPINK tidak memiliki ketua (leader). Jisoo pernah mengatakan kalau mereka sudah sangat dekat satu sama lain dan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun bersama selama masa trainee. Karena itu, mereka tidak memerlukan posisi ketua tersebut.

3. Nama grup dipilih untuk mewakili citra mereka yang "garang dan pantang menyerah". Dengan "Black (hitam)" melambangkan citra kuat dan "(Pink) merah muda" yang mewakili sisi feminin mereka.

4. Para anggota BLACKPINK berasal dari tempat yang berbeda. Jisoo lahir dan besar di Korea Selatan, sedangkan Rose merupakan orang Australia dan lahir di Selandia Baru. Lisa berasal dari Thailand, dan Jennie juga lahir di Korea Selatan tetapi pernah tinggal di Selandia Baru. Mereka kemudian pindah ke Korea Selatan untuk berlatih sebagai trainee. 

5. BLACKPINK adalah bagian dari YG entertainment, yang juga bertanggung jawab atas band-band seperti Big Bang, iKon, dan artis solo Psy. BLACKPINK adalah girl grup pertama yang debut di YG dalam tujuh tahun! 

6. Penggemar mereka dikenal sebagai BLINK. Nama tersebut berasal dari gabungan kata (bl)ack dan p(ink)! Penggemar baru disebut 'baby Blink'.

7. Nama lengkap Jisoo adalah Kim Ji-soo. Ia berumur 28 tahun dan lahir pada 3 Januari 1995, di Gunpo, Gyeonggi. Pada tahun 2011, ia bergabung dengan YG Entertainment dan tampil di TV mulai tahun 2015.

8. Pada tahun 2011 sebelum BLACKPINK dibentuk, Jisoo telah tampil dalam iklan LG Electronics, Nikon, dan Samsonite.

9. Nama lengkap Jennie adalah Kim Jennie. Dia berusia 27 tahun dan lahir pada 16 Januari 1996, di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Dia kemudian bersekolah di Selandia Baru ketika berusia 8 tahun.

10. Selain bernyanyi, Jennie juga seorang rapper dan telah mengakui terpengaruh dari TLC, Lauryn Hill, dan Rihanna.

11. Roseanne Park, yang dikenal penggemar sebagai Rosé berusia 26 tahun dan lahir pada 11 Februari 1997. Dia berlatih dengan YG Entertainment selama 4 tahun sebelum dia mengumumkan akan menjadi anggota BLACKPINK. 

12. Dalam sebuah wawancara, Rosé mengungkapkan bahwa penyanyi sekaligus penulis lagu Amerika Tori Kelly adalah inspirasi gaya musiknya.

13. Nama lahir Lisa adalah Pranpriya Manoban, dia berusia 25 tahun dan lahir di Provinsi Buriram, Thailand pada 27 Maret 1997. Ia secara resmi mengubah namanya menjadi Lalisa dan merupakan anggota termuda dari BLACKPINK. 

14. Lisa mulai menari pada usia 4 tahun dan kerap berkompetisi dalam kontes seperti "To Be Number One". Dia adalah bagian dari grup tari We Zaa Cool bersama 11 penari lainnya, termasuk BamBam dari boy band Korea Got7.

15. Rilisan pertama BLACKPINK adalah album single Square One. Album tersebut termasuk lagu "Boombayah" dan "Whistle". “Whistle” terjual sekitar 2.500.000 di Korea Selatan saja.

16. Square Two dirilis sebagai lanjutannya pada 1 November 2016. Album ini berisi lagu "Playing with Fire" yang telah diunduh lebih dari 2.500.000 bersertifikat pada tahun 2020.

17. Blackpink memenangkan salah satu penghargaan pertama mereka, “Rookie Singer Award” di Asian Artist Awards pada tahun 2016. Mereka kemudian memenangkan Style Icon Award di Busan One Asia Festival pada tahun 2017.

18. Jennie dan Rose pandai berbahasa Korea, Jepang dan Inggris. Lisa fasih berbahasa Korea dan Thailand serta Inggris. Lalu Jisoo pandai berbahasa Korea dan Mandarin.

19. BLACKPINK telah memecahkan banyak rekor dalam waktu singkat. Misalnya video yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama, tayangan langsung yang paling banyak dilihat, dan 1 miliar penayangan untuk sebuah lagu! 

20. Pada tahun 2019 BLACKPINK disebut sebagai 'Selebriti Paling Berpengaruh' oleh majalah Forbes. Mereka adalah band K-Pop kedua yang paling banyak diikuti di Spotify! Itu hampir 30 juta pendengar Spotify!


21. BLACKPINK telah berkolaborasi dengan banyak seniman yang berbeda, termasuk Selena Gomez, Lady Gaga, Cardi B, dan Dua Lipa! Mereka juga mendapat dukungan dari Ariana Grande, yang membantu menulis hit pop mereka “Ice Cream”.

22. Video YouTube BLACKPINK pada 2018 untuk lagu mereka, "DDU-DU DDU-DU" menjadi video yang paling banyak dilihat di YouTube dalam waktu 24 jam setelah diunggah. Ini juga merupakan video K-Pop yang paling banyak ditonton, memperoleh 734 juta penayangan hanya dalam 9 bulan.

23. BLACKPINK memenangkan penghargaan K-Style Icon dari kompetisi “Elle Style Awards” majalah Elle pada tahun 2018.

24. Pada 2018, BLACKPINK memenangkan 2 penghargaan di Melon Music Awards, acara musik besar yang diadakan di Korea Selatan. Penghargaan tersebut adalah untuk Penari Wanita Terbaik dan Deretan 10 Artis Teratas.

25. Pada bulan Maret 2020, BLACKPINK memenangkan penghargaan Artis K-pop (wanita) Paling Banyak Didengarkan dari Spotify Awards. Mereka, bersama BTS, adalah artis K-pop yang paling banyak didengar lewat Spotify.

26. Mereka menjadi headline Coachella pada 2019 dan memecahkan lebih banyak rekor. BLACKPINK tidak hanya menjadi grup K-Pop wanita pertama yang tampil di Coachella, mereka juga menjadi headliner grup wanita pertama dari Korea Selatan. 

27. BLACKPINK telah merilis ulang beberapa lagu dalam bahasa Jepang. Untuk menghargai penggemar Jepang mereka yang berdedikasi, mereka merilis mini album pertama mereka dalam bahasa Jepang, berjudul Blackpink, serta album Blackpink in Your Area.


28. Mereka punya acara TV. Pertunjukan itu disebut Blackpink House, dan mengikuti kehidupan sehari-hari para member, termasuk latihan, rekaman, dan konser. Gadis-gadis itu tinggal bersama di sebuah rumah di Mapo-gu, Korea Selatan, dan membiarkan kamera mengikuti mereka. Itu juga memiliki bagian yang menyenangkan seperti video diary dan melihat ke dalam kehidupan sehari-hari para member. Tayangan tersebut memiliki lebih dari 400 juta penonton di YouTube!

29. Mereka memiliki film dokumenter Netflix. Itu disebut "Light Up The Sky" dan keluar pada tahun 2020. Dokumen tersebut menayangkan BLACKPINK sedari debut pada 2016 lalu hingga penampilan mereka di Coachella pada tahun 2019. 

30. BLACKPINK merilis album studio pertama mereka yang bertajuk The Album pada tanggal 2 Oktober 2020. Album ini terdiri dari 8 lagu termasuk "How You Like That" dan "Ice Cream" yang merupakan kolaborasi dengan penyanyi populer Amerika Serikat, Selena Gomez.

31. Pada 2021 lalu, Forbes Korea merilis laporan ‘Korea Power YouTuber’ yang meningkatkan penghasilan pada selebritas K-Pop di YouTube. BLACKPINK diprediksi memiliki pendapatan sekitar 13,5 miliar won dari saluran YouTube dan merupakan girl group yang menempati posisi teratas. 

32. Lisa menjadi duta untuk merek kosmetik Moonshot, di China pada 21 Maret 2018. Karier modelingnya pun mengikuti setelah itu. 

33. Pada tahun 2018 Jisoo dan Rosé menjadi model untuk merek makeup Korea Selatan bernama Kiss Me.

34. Jajak pendapat musik tahunan Korea Gallup memilih Jisoo sebagai idola terpopuler ke-10 di Korea Selatan pada tahun 2018.

35. Debut single solo Jennie berjudul "SOLO" adalah pada 12 November 2018.


36. Mengikuti karir solo Jennie, pada tahun 2019 Jennie menjadi artis solo Korea pertama yang tampil di Coachella. Penampilan itu dimasukkan dalam 10 aksi terbaik yang tampil di Coachella tahun itu.

37. Pada 11 Mei 2019, Lisa menjadi brand presenter untuk promosi Samsung Galaxy S10 di Thailand. Dia ditampilkan dalam iklan mereka sebagai model yang menggunakan S10 untuk memainkan game Ragnarok M: Eternal Love.

38. 2019 adalah tahun untuk Lisa. Di bulan Mei, ia memiliki sampul majalah solo pertamanya di Harper's Bazaar. Setidaknya 120.000 eksemplar yang dicetak terjual habis. Dua kali lipat dari rata-rata eksemplar yang terjual yakni sekitar 60.000.

39. Selama dua tahun berturut-turut, Lisa menjadi pemenang penghargaan “Person of the Year” pada tahun 2018 dan 2019 dari penghargaan The Standard.

40. Lisa mendonasikan 100.000 baht, sekitar 3.200 Dolar AS kepada aktor Thailand Bin Bunluerit untuk membantu dana penggalian mereka yang terjebak dalam banjir besar di Thailand. Ini terjadi di 32 provinsi setelah musim hujan pada September 2019.

41. Pada Desember 2019 Jisoo mulai bekerja sama dengan Dior dan menjadi duta lokal Dior Beauty.

42. Pada Februari 2020, Samsung luncurkan Galaxy S20, dengan edisi khusus "Jennie red" yang dipromosikan Jennie kepada audiensnya.

43. Rosé menjadi brand ambassador baru untuk Yves Saint Laurent pada Februari 2020.

44. Untuk ulang tahun Lisa di tahun 2020, dia meluncurkan photobook buatannya sendiri melalui YG Entertainment berjudul “0327”. Buku itu memamerkan foto-foto yang diambilnya menggunakan kamera film.

45. Untuk tipe cowok ideal dari Jisoo, ia lebih suka cowok yang imut daripada yang seksi.

46. Rose dikenal memiliki suaranya yang unik. Dia bisa memainkan piano dan gitar. Hobinya bermain gitar, menggambar, dan mengendarai sepeda.

BlackPink (INSTAGRAM/BLACKPINK)

 

47. Pada 12 Maret 2021, Rosé merilis solo album R yang terdiri atas “On The Ground” dan “Gone”. Album tersebut pun terjual lebih dari setengah juta kopi sehingga menjadikannya sebagai solois perempuan Korea Selatan pertama dalam 19 tahun dengan angka penjualan tersebut.

48. Anggota BLACKPINK, Lisa, merilis debut solo pertamanya pada tanggal 10 September 2021. Lagu berjudul "LALISA" ini sukses besar dan memecahkan rekor penjualan. Selain itu, terdapat pula "Money" yang dirilis dalam bentuk musik dan video dance practice. Kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 100 juta kali, Kawula Muda!

49. Jisoo, anggota girl band K-Pop BLACKPINK, melakukan debut aktingnya lewat drama korea Snowdrop yang banyak dibicarakan. Tayangan tersebut pun tampil di platform Disney+ Hotstar dan pada Desember 2021.

50. BLACKPINK sedang menggelar tur dunia “Born Pink World Tour”. Dimulai di Seoul pada 15 hingga 16 Oktober lalu, tur tersebut akan selesai di Auckland pada 21 Juni mendatang. Adapun BLACKPINK juga akan menggelar konser di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11-12 Maret 2023, Kawula Muda!

Prambors

 

Untuk Kawula Muda yang belum mendapat tiket konser tersebut, jangan lupa ikuti kuis Mendadak In Your Area dari Prambors ya! Lo berkesempatan mendapat tiket konser BLACKPINK paling depan dengan setia mendengarkan Prambors serta mengunduh aplikasi resmi Prambors. 

Untuk lo yang mau nonton konser BLACKPINK paling depan secara gratis, ikuti kuisnya di sini ya! Good luck, Kawula Muda. 


Berita Lainnya