Alami Depresi, 7 Artis Korea Ini Memilih Bunuh Diri

Kawula Muda, di balik kehidupan yang glamour ternyata para artis ini mengalami depresi berat.

Deretan artis Korea yang memilih bunuh diri. (TWITTER)
Wed, 31 Aug 2022


Kepergian aktris Yoo Ju Eun setelah diduga melakukan bunuh diri menjadi kabar duka yang sangat menyedihkan. Aktris yang pernah bermain dalam drama Korea berjudul Big Forest dan Joseon Survival ini memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri di usia 27 tahun.

Menurut sang adik, Yoo Ju Eun meninggalkan sebuah surat yang kemudian dibagikan melalui akun Instagram-nya.

Dalam suratnya, Yoo Ju Eun mengatakan bahwa ia sangat mencintai akting dan tidak ingin mencoba hal lain. Ia sadar mimpi adalah sebuah berkah dan kutukan pada saat yang sama.

Meninggalnya Yoo Ju Eun menambah daftar panjang deretan artis Korea yang memutuskan untuk bunuh diri.

Di balik hingar bingar gemerlap kehidupan seorang selebritas, ternyata terdapat sebuah sisi kelam yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Depresi menjadi salah satu penyebab para artis ini memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Berikut adalah sederet artis Korea yang memilih untuk bunuh diri:

Jeon Mi Seon

Aktris senior berusia 49 tahun ini ditemukan tewas di sebuah kamar hotel yang berada di kota Jeonju pada Sabtu (29/06/2019). Seorang kenalan dari Jeon Mi Seon menemukan aktris tersebut berada di kamar mandi hotel sekitar pukul 11.43 waktu setempat, sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Choi Jin Ri alias Sulli

Kepergian Sulli juga menjadi salah satu yang mengejutkan industri hiburan Korea. Mantan anggota girlgroup f(x) ini ditemukan tewas oleh staf agensinya, SM Entertainment, di kediamannya yang berada di kawasan Seongnam, Gyeonggi, Seoul. Penyanyi berusia 25 tahun itu dilaporkan gantung diri di lantai 2 rumahnya karena sudah tidak tahan dengan depresi yang dialaminya.

Goo Ha Ra

Penyanyi dan mantan member girlgroup KARA, Goo Ha Ra ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di kediamannya pada Minggu (24/11/2019) pukul 18.00 waktu setempat. Sebelum mengakhiri hidupnya, Go Ha Ra sempat melakukan percobaan bunuh diri, namun berhasil diselamatkan oleh manajernya. Kepergian Go Ha Ra kabarnya diakibatkan karena dia mengalami depresi akibat ulah sang mantan pacar yang diduga melakukan revenge porn. Ia banyak menerima komentar pedas atas kasus yang melibatkan dirinya dan kekasihnya saat itu. Mantan pacar Go Ha Ra, Choi Jong Bum, akhirnya dinyatakan bersalah atas pengrusakan properti, serangan fisik, ancaman, dan pemaksaan.

Jo Hanna

Jo Hanna yang merupakan aktris pendatang baru juga memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hanna diduga mengalami depresi karena kesulitan dalam hidupnya. Hal ini terungkap dari catatan bunuh diri yang ditemukan di tempat kejadian. Dalam catatan itu, Hanna mengaku telah ditipu dan kehilangan uang sebesar dua juta won atau sekitar Rp 26 juta.

Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon yang merupakan salah satu bintang di drama populer Boys Before Flowers memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Ia dtemukan tewas gantung diri setelah mengalami depresi dengan kehidupannya sebagai seorang selebritas. Dalam surat wasiat sepanjang tujuh halaman, Jang Ja Yeon menulis sejumlah alasan mengapa dirinya melakukan bunuh diri.

Dalam suratnya, ia mengungkap sering menerima pelecehan seksual. Ia juga kerap menerima kekerasan yang dilakukan oleh manajernya. Yang lebih menyedihkan lagi, Jang Ja Yeon mengaku bahwa ia dipaksa oleh CEO agensinya untuk melakukan hubungan seksual dengan 31 orang penting dalam industri hiburan Korea Selatan untuk memuluskan kariernya di industri tersebut.

Jonghyun SHINee

Kepergian Jonghyun yang merupakan salah satu member SHINee juga sangat mengejutkan dunia K-Pop. Tidak banyak yang mengira kalau selama hidupnya Jonghyun ternyata mengalami depresi hingga memutuskan untuk bunuh diri. Jonghyun ditemukan meninggal dunia pada 18 Desember 2017, akibat menghirup asap karbon monoksida dari briket batubara yang dibakar di atas penggorengan di dalam ruang tertutup. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun meninggal dalam perjalanan. Depresi yang dialami oleh Jonghyun diduga menjadi alasan pelantun End of a Day ini nekat mengakhiri hidupnya di usia 27 tahun.

“Aku sangat hancur. Depresi yang perlahan menggerogotiku, akhirnya benar-benar menelanku. Dan aku tidak bisa mengalahkannya,” tulis Jonghyun dalam surat yang ia tulis sebelum bunuh diri.

Cha In Ha

Lee Jae Ho atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Cha In Ha, juga memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cepat. Aktor dan penyanyi yang dikenal melalui sejumlah drama seperti The Banker, Clean with Passion For Now, Wok of Love, serta Love with Flaws ini ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada 3 Desember 2019. Ia ditemukan oleh manajernya di kediamannya. Namun, pihak agensi Cha In Ha, Fantagio, tidak mengungkap penyebab pasti kematian salah satu member grup Surprise U ini.

Bunuh diri bukanlah sebuah solusi, jika Kawula Muda mengalami depresi atau mengenal orang yang sedang mengalami masalah dengan kesehatan mental bisa menghubungi hotline Kesehatan Jiwa Kemenkes (021- 500 454), LSM Jangan Bunuh Diri (021- 9696 9293), atau Komunitas Save Yourselves melalui Instagram @saveyourself.id.

Berita Lainnya