Antara NCT, NCT Dream, NCT U, NCT 127, WayV, Ini Dia Bedanya!

Kawula Muda, masih bingung apa perbedaan dari grup NCT? Simak perbedaannya yuk!

NCT grup K-Pop dengan 4 grup sub unit yang berbeda konsep. (SM ENTERTAINMENT)
Tue, 13 Oct 2020

Buat kalian yang masih bingung dengan grup NCT yang berada di bawah naungan SM Entertainment, berikut perbedaan dari NCT dan sub unit di bawahnya!

NCT

NCT sebenarnya singkatan dari Neo Culture Technology, istilah yang diciptakan oleh produser sekaligus pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man.

NCT digambarkan sebagai grup berkonsep unik, dengan jumlah personel yang tidak terbatas. Setiap anggota dapat berpindah ke sub-unit berbeda, yang berbasis di beberapa kota di seluruh dunia.

Saat pertama kali dibentuk pada 2016, NCT beranggotakan 21 member yaitu Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Lucas, Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, Jisung, Xiao Jun, Yang Yang, dan Hendery.

Pada September 2020, NCT menambah 2 orang anggota baru yaitu Shotaro dan Sungchan, sehingga kini jumlah seluruh personel NCT menjadi 23 orang.

Grup NCT besutan SM Entertainment. (TWITTER/NCT)

 

Berbeda dengan kebanyakan idol K-Pop, NCT memiliki leader, maknae, posisi vokal, dan rap yang selalu berubah. Namun, fandom NCT mempercayai Taeyong sebagai leader NCT dan sub unit. Taeyong juga menempati posisi rapper, bersama Mark, Lucas, dan Jaemin.

Untuk penari utama, NCTzen memilih Ten sebagai penari utama NCT, serta Jisung, Winwin, dan Jeno.

NCT U

NCT U adalah sub unit dari NCT. Huruf U merupakan singkatan dari United. Grup ini tidak memiliki member tetap, karena tergantung dari konsep yang akan dibuat.

NCT U memulai debutnya dengan The 7th Sense, dan Without You pada April 2016. Pada saat debut, member NCT U adalah Taeil, Jaehyun, Taeyong, Mark, Ten, dan Doyoung.

Unit ini kemudian melakukan comeback pada Februari 2018, dengan merilis single BOSS. Saat itu member  NCT U berubah menjadi  Taeyong, Jaehyun, Doyoung, Mark, Winwin, Lucas, dan Jungwoo.

Di album terbaru "RESONANCE Pt.1" yang dirilis pada 12 Oktober 2020, para member NCT U yakni Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Lucas, Xiaojun, Jaemin, dan Shotaro, menyanyikan lagu Make A Wish (Birthday Song).

Tujuh member NCT bawakan lagu "Make A Wish" (Birthday Song) untuk album terbaru. (SM ENTERTAINMENT)

  

NCT 127

NCT 127 adalah sub unit kedua dari NCT. Karena NCT 127 berbasis di Seoul, Korea, maka sub unit ini diberi tambahan nama 127, yang diambil dari titik koordinat kota Seoul.

NCT 127 memulai debut dengan Fire Truck pada Juli 2016, dengan hanya 7 personel yaitu Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan. Doyoung dan Johnny kemudian bergabung ke NCT 127 pada 27 Desember 2016. Lalu Jungwoo bergabung pada 17 September 2018.

Grup sub unit kedua dari NCT. (INSTAGRAM/NCT 127)

 

NCT Dream

Unit ketiga dari NCT adalah NCT Dream. Unit yang satu ini dibentuk berdasarkan usia. Semua anggota NCT Dream berusia di bawah 20 tahun. Begitu mereka mencapai usia tersebut, maka mereka harus pindah ke unit NCT yang lain.

Grup ini awalnya terdiri dari Mark, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

NCT Dream memulai debut mereka pada Agustus 2016 dengan single digital Chewing Gum.

NCT Dream, grup sub unit NCT yang dibentuk berdasarkan usia. (INSTAGRAM/NCT DREAM)

 

WayV

Unit yang satu ini berbasis di China. WayV memfokuskan diri untuk merilis lagu berbahasa Mandarin.

Member WayV adalah Lucas, Winwin, Kun, Ten, Hendery, Xiao Jun, dan Yang Yang. Unit ini memulai debutnya di bawah label eksklusif China SM Entertainment, Label V.

WayV memulai debut pada 17 Januari 2019 dengan merilis single milik NCT 127, Regular, yang liriknya diubah kedalam bahasa Mandarin.

Pada Januari 2019, WayV merilis “The Vision”, dan pada Mei 2019 mereka kembali merilis mini album pertama yang bertajuk “Take Off”.

WayV, grup K-pop sub unit dari NCT. (INSTAGRAM/WAYV OFFICIAL)

 

 

Berita Lainnya