Apa Kepanjangan dari BTS dan Istilah Lain yang ARMY Harus Tahu!

Kawula Muda tahu enggak BTS itu kepanjangan apa?

Nama-nama istilah di BTS yang ARMY harus ketahui (KOREABOO)
Wed, 15 Mar 2023

Boy group BTS adalah salah satu dari grup K-Pop papan atas yang populer di kalangan masyarakat. Karya musiknya yang selalu mendapatkan penghargaan membuat namanya semakin terkenal. Makanya enggak heran kalau penggemar mereka tersebar di seluruh dunia.

Untuk mendekatkan member dengan penggemar, beberapa boy group K-pop, memiliki nama-nama istilah yang biasa digunakan. Sama halnya dengan BTS nih, Kawula Muda.

Ada nama-nama istilah fandom seperti ARMY, panggilan Borahae, our president, hingga kepanjangan BTS yang ternyata ada artinya, loh!

Buat lo yang ARMY simak yuk nama-nama istilah BTS di bawah ini!

Nama-nama istilah di BTS yang ARMY harus ketahui (SOOMPI)

1. BTS

BTS ternyata sebuah singkatan dari Bulletproof Boy Scouts dengan arti pemuda laki-laki yang kebal peluru. Pada 2017, mereka menambah identitas mereka sebagai Beyond The Scene.

Sebutan lain dari kepanjangan BTS adalah Bangtan Sonyeondan dari bahasa Korea. Terkadang, para penggemar juga menyingkatnya dengan sebutan Bangtan Boys.

2. ARMY

Untuk penggemarnya, BTS memilih nama ARMY. Dalam bahasa Inggris, ARMY adalah arti dari tentara. Jadi, dengan BTS atau Bulletproof Boy Scouts (pemuda anti peluru), mereka punya ARMY (tentara) yang merupakan bagian dari mereka.

Para AMRY dan BTS diibaratkan sebagai kesatuan yang kuat bersama.

3. I Purple You atau Borahae

Nama-nama istilah di BTS yang ARMY harus ketahui (KOREABOO)

Istilah selanjutnya adalah sebutan yang ARMY harus ketahui. I Purple You atau dalam bahasa Korea Borahae pertama kali disebut oleh V BTS.

Dalam sebuah konser, ia menyebut bahwa ARMY seperti wana ungu di warna terakhir dalam jajaran pelangi. Warna ini menggambarkan rasa setia dan cinta yang abadi. Kini, warna ungu menjadi warna ciri khas dari BTS dan ARMY. Borahae BTS!

4. Worldwide Handsome

Kalau yang satu ini datang dari salah satu member-nya yakni Jin BTS. ARMY menjulukinya sebagai manusia paling tampan, makanya disebut Mr. Worldwide Handsome.

Bahkan Jin sendiri tak ragu menyebut julukan tersebut kepada dirinya, loh Kawula Muda. Julukan ini pertama kali terlontar saat masa-masa Wings Tour Finale 2017.

5. Our President

Julukan selanjutnya adalah untuk RM BTS. Sebagai leader dari member, RM sering menjadi perwakilan berbicara di beberapa kesempatan. Salah satunya saat BTS datang di UNICEF pada 2018.

Dia menyampaikan pidato dengan pelafalan bahasa Inggrisnya yang fasih serta tegas di hadapan para jajaran orang penting UNICEF.

Selain itu, RM dikenal sebagai member yang cerdas dan pemikirannya yang mendalam tentang hidup. Keren deh, RM!

6. International Playboy

Eits, ini bukan berarti arti yang sesungguhnya untuk member, kok. Pada acara KCON 2014, Jungkook BTS menjawab pertanyaan dari RM BTS saat menerjemahkan bagian lagu "Bulletproof pt. 2".

Namun, si maknae atau member termuda satu itu justru mengartikannya dengan, "My name is Jungkook, International Playboy!"

Sejak itu, para ARMY sering memberikan julukan itu ke Jungkook.

7. Golden Maknae

Golden Maknae sendiri adalah sebutan untuk Jungkook, karena bakat yang dimilikinya tak main-main.

Selain ia memiliki suara emas serta pandai menari, Jungkook juga bakat di bidang seni lainnya seperti melukis, fotografi, video, dan olahraga.

Makanya, Jungkook disebut sebagai Golden Maknae baik dari sesama member atau ARMY.

8. Uri Sunshine

Nama-nama istilah di BTS yang ARMY harus ketahui (KOREABOO)

Selanjutnya ada member J-Hope yang sering dibilang sebagai Uri Sunshine. Kata uri adalah kami dalam bahasa Korea, sedangkan sunshine adalah bersinar dari bahasa Inggris.

Julukan ini menggambarkan sifat cerita J-Hope yang selalu membuat energi positif bagi orang-orang di sekitarnya. Enggak heran, kalau banyak ARMY yang sering memanggilnya Uri Sunshine saat bertemu secara langsung.

9. I'm good boy

Istilah dalam BTS yang wajib ARMY ketahui adalah I'm good boy dari V BTS. Saat datang dalam acara The Late Show with Stephen Colbert pada 2019 lalu.

Saat itu, para member memperkenalkan diri kepada penonton dan V menyebut dirinya dengan "Hai, I'm V, I'm good boy". Mulai saat itu, ARMY memberikan julukan V yaitu "Good Boy".

10. Jimin U Got No Jams!


Kembali ke 2014 saat BTS terbang ke Los Angeles, J-Hope mengajak beberapa member untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris.

Saat itu, RM duduk di sebelah J-Hope dengan spontan mengucap kalimat "Jimin, u got no jams!" yang merupakan istilah slang yakni, "Jimin, you are no fun!" Kata ini diambil dari bahasa Korea yaitu jaemi dengan arti fun. Namun, RM menggantinya dengan kata jams.

Itu dia 10 nama istilah di BTS yang ARMY harus ketahui. Ternyata banyak nama asing yang dibuat dari member, ya Kawula Muda.

Berita Lainnya