Daftar Film Animasi Ghibli Karya Hayao Miyazaki Wajib Tonton

Cocok buat lo yang lagi healing nih, Kawula Muda!

Hayao Miyazaki merupakan salah satu animator legendaris dari Studio Ghibli (THE PLAYLIST)
Thu, 04 May 2023

Studio Ghibli populer dengan film-film animasinya yang indah dan cerita yang menyentuh hati dengan hangat. Kepopuleran berbagai film studio tersebut seperti Spirited Away serta My Neighbor Totoro pun tidak lepas dari tangan dingin animator Hayao Miyazaki.

Hayao Miyazaki merupakan salah satu pendiri Studio Ghibli. Setiap film animasi yang ia garap memiliki kualitas animasi dan cerita yang luar biasa. Tak heran, Hayao Miyazaki mendapat gelar "Master of Animation" Kawula Muda!

Untuk lo yang butuh healing, berikut daftar film-film Studio Ghibli yang dibuat oleh Hayao Miyazaki!

Laputa: Castle in the Sky (1986)


Film ini menceritakan petualangan sosok berkekuatan misterius (Sheeta) dan seorang murid insinyur (Pazu) dalam mencari kastel terbang legendaris yang hilang. Namun, perjalanan mereka tidak mudah sebab dikejar oleh bajak laut udara, militer, hingga agen pemerintah misterius. Film ini merupakan karya pertama Hayao di Studio Ghibli dan terkenal karena kualitas animasi yang luar biasa dan indah di masa itu. 

My Neighbor Totoro (1988)


Animasi ini masih populer hingga saat ini dan menjadi salah satu film terbaik Studio Ghibli. Adapun My Neighbor Totoro menceritakan tentang dua saudara perempuan, Satsuki dan Mei, yang pindah ke rumah baru bersama ayah mereka di pedesaan. Mereka pun menemukan makhluk raksasa kelinci yang dikenal sebagai Totoro dan membuat persahabatan yang indah dengannya. 

Kiki's Delivery Service (1989)


Kiki’s Delivery Service mengikuti kisah seorang gadis penyihir muda bernama Kiki yang pindah ke kota. Hal itu dikarenakan tradisi bahwa setiap penyihir berusia 13 tahun harus pergi menjelajahi dunia dan mengaplikasikan ilmu sihir mereka. Kiki pun membuka bisnis pengiriman dan bertemu dengan banyak orang baru, yang membantunya untuk mengenal diri sendiri. 

Porco Rosso (1992)


Porco Rosso adalah film animasi yang mengikuti petualangan seorang pilot pesawat tempur Italia yang berubah menjadi babi karena kutukan bernama Porco Rosso. Cerita berlatar belakang Italia pada tahun 1920-an dan mengikuti petualangan Porco Rosso yang berusaha mengalahkan bajak laut. Terdapat pula cerita cinta segitiga yang menjadi bumbu bagi cerita ini. 

Princess Mononoke (1997)


Terjangkit kutukan mematikan, Ashitaka, seorang pejuang muda harus berpetualang untuk menyembuhkan kutukannya. Sosok Ashitaka pun ikonik dengan sebuah srigala yang ia tunggangi dan telah membesarkan sang pejuang sejak kecil.  Film ini juga menceritakan upaya Ashitaka untuk melindungi hutan tempat tinggalnya dari teror iblis dan manusia. 

Spirited Away (2001)


Merupakan film animasi pertama Jepang yang memenangkan Oscar, Spirited Away mengikuti seorang gadis muda bernama Chihiro yang tersesat di dunia arwah setelah orang tuanya berubah menjadi babi. Dia bertemu dengan berbagai makhluk aneh dan harus melalui serangkaian ujian untuk bisa kembali ke dunia manusia dan menyelamatkan kedua orang tuanya.

Howl's Moving Castle (2004)


Film ini menceritakan tentang seorang gadis muda bernama Sophie yang bertemu dengan seorang penyihir muda bernama Howl. Karena penyihir jahat, Sophie berubah dan memiliki perawakan seperti seorang nenek. Mereka berdua pun berjuang untuk melawan kekuatan jahat yang ingin merebut kekuatan magis Howl sekaligus menyembuhkan kutukan tersebut. 

Ponyo (2008)


Ponyo merupakan nama seekor ikan kecil yang ingin dapat berubah menjadi manusia berambut merah jambu. Dia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Sosuke yang baik hati. Bersama-sama, mereka berpetualang dan menyelamatkan kota dari banjir besar yang tiba-tiba menyerang.

The Wind Rises (2013)


The Wind Rises adalah film animasi terakhir yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki sebelum ia pensiun dari industri animasi. Film ini mengikuti perjalanan hidup seorang insinyur pesawat Jepang yang ingin terbang seperti burung. Ia pun berusaha membuat sebuah pesawat yang indah dan inovatif.

Berita Lainnya