Diduga Edit Foto Model Afrika Jadi Makin Gelap, Vogue Inggris Dikritik Netizen

Kawula Muda, Vogue Inggris tengah menjadi sorotan usai merilis sampul edisi Februari 2022.

Deretan foto model yang menjadi sampul Vogue Inggris edisi Februari 2022. (instagram/britishvogue)
Fri, 28 Jan 2022

Vogue Inggris menjadi sorotan di media sosial usai meluncurkan sampul majalah edisi Februari 2022. Majalah tersebut mendapat banyak kritikan dari warganet karena dianggap salah dalam menginterpretasikan warna kulit dari deretan model yang tampil di edisi Februari 2022.

Edisi tersebut menampilkan sembilan model kulit hitam dari Afrika yaitu Adut Akech, Anok Yai, Amar Akway, Majesty Amare, Maty Fall, Janet Jumbo, Abeny Nhial, Akon Changkou, dan Nyagua Ruea. 

Vogue Inggris edisi Februari 2022 berada di bawah arahan Edward Enniful selaku pimpinan redaksi. Sebenarnya, tujuan utama Vogue Inggris adalah untuk menyoroti keberagaman dan inklusivitas. Namun, tim editor justu mendapat banyak kritikan dan terjerat kontroversi.

Warganet menilai bahwa beberapa model sengaja diedit warna kulitnya sehingga terlihat lebih gelap dari kulit aslinya. Banyak warganet yang juga tidak setuju dengan pemilihan warna backdrop pemotretan. 

Vogue Inggris tidak menggunakan backdrop dengan warna cerah guna menunjukkan warna kulit para model. Mereka memakai warna cokelat yang terkesan suram dan tidak menonjolkan keindahan warna kulit model.

Warganet meminta Vogue Inggris untuk mempekerjakan fotografer kulit hitam agar tim editor lebih mengapresiasi model-model dengan kulit hitam. Tim Vogue Inggris dinilai sengaja memberikan arahan kepada model untuk terlihat kaku dengan tujuan memperlihatkan bagaimana institusi fesyen kulit putih memandang perempuan kulit hitam.

Edward Enniful menjelaskan inspirasi di balik sampul majalah tersebut. Ia menyatakan ingin mengangkat para model berbakat yang berdarah Afrika. Ia ingin menunjukkan kalau mereka tidak hanya cantik, tapi juga unik dan cerdas.

Edward mengakui bahwa selama ini, dunia fesyen cenderung mengarah ke model-model kulit putih. Mengikuti berjalannya waktu, ia sadar kalau model kulit hitam mulai banyak digemari. Maka dari itu ia berusaha untuk memberikan lebih banyak ruang untuk memperlihatkan kecantikan Afrika.

Hasil pemotretan sudah diunggah dan bisa diihat di akun Instagram Vogue Inggris @britishvogue sejak 14 Januari 2022.

Berita Lainnya