Fakta Drama Korea "The Glory" yang Diangkat dari Kisah Nyata

Lo udah nonton belum, Kawula Muda?

Poster drama Korea The Glory (INSTAGRAM/THE GLORY)
Mon, 03 Apr 2023

The Glory merupakan serial drama korea populer yang sedang ramai dibicarakan. Adapun drama ini menceritakan tentang pembalasan dendam Moon Dong-Eun (Song Hye-Kyo) kepada kelompok pem-bully di masa SMA nya. 


Target utamanya adalah Park Yeon-Jin (Lim Ji-Yeon), seorang siswa kaya raya yang suka melihat penderitaan Dong-Eun. Bersama teman-temannya, ia kerap mengunci Dong-Eun di ruang olahraga dan memukul, mencaci, hingga membakar lengan dan kaki sang korban dengan alat catok. 

Serial ini pun menceritakan tentang dendam yang selama ini membara di diri Dong-Eun. Bekerja dan mengumpulkan uang selama bertahun-tahun, ia membalaskan dendamnya dengan sistematis. Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang The Glory yang harus lo ketahui, wahai penggemar drakor! 

1. Ditulis oleh Penulis Descendants of the Sun

Naskah kisah The Glory rupanya ditulis oleh Kim Eun Sook, penulis drama Descendants of the Sun (2016). Uniknya, drama tersebut juga memilih Song Hye Kyo sebagai pemeran utama, Kawula Muda!

Adapun selain The Glory, Kim Eun Sook juga menulis berbagai serial drama populer lainnya seperti The Heirs (2013), Mr. Sunshine (2018), serta The King: Eternal Monarch (2020). 

2. Diangkat dari Kisah Nyata

The Glory ceritakan pembalasan dendam korban bully di masa SMA (NETFLIX)

  

Adegan bully yang ditayangkan pada The Glory rupanya diadaptasi dari kisah nyata. Salah satu perundungan yang terjadi terkait dengan para pelaku bully yang membakar lengan korban dengan alat catok. Hal itu pernah terjadi pada 2006 silam dan terjadi di sekolah menengah putri di Cheongju, Chungcheong Utara, Mei 2006. 

Kisah asli bahkan disebut lebih menyeramkan. Korban bahkan dipukul dengan tongkat baseball hingga dicakar pada bagian dada dengan jepit rambut. Korban pun dilaporkan mengalami penonjolan tulang ekor serta luka bakar yang parah sehingga harus mendapat perawatan selama 1,5 bulan di rumah sakit. 

3. Dalami Peran Hingga Tertampar

Pelaku bully utama The Glory, Park Yeon-Jin (YOUTUBE/NETFLIX)

  

Dalam sebuah adegan, terdapat kala Song Hye Kyo ditampar oleh Lim Ji Yeon. Begitu pula sebaliknya. Terdapat adegan kala Ji Yeon ditampar oleh Song Hye Kyo.

Rupanya, hal itu benar-benar dilakukan tanpa pemeran pengganti, Kawula Muda! Keduanya bahkan mengalami bengkak pada bagian pipi dan menganggap hal itu sebagai profesionalitas dalam bekerja. 

4. Terbagi Atas Dua Bagian

The Glory (INSTAGRAM/THE GLORY)

 

Drama Korea The Glory terbagi atas dua bagian. Bagian satu The Glory tayang pada Desember 2022 lalu dan terdiri atas delapan episode. 

Kemudian, The Glory Part 2 tayang tak lama kemudian untuk melanjutkan cerita pembalasan dendam korban pembullyan Moon Dong Eun. Bagian kedua tersebut pun tayang sejak 20 Maret 2023 di Netflix. 

5. Makna Poster "The Glory"



Poster yang diunggah oleh akun Instagram resmi The Glory rupanya juga memiliki makna tersendiri. Selain itu, pose para pelaku bully dan tulisan yang disematkan pada poster tersebut seolah memberi petunjuk akan balas dendam yang akan terjadi. 

Mulai dari “jiwamu, yang tertawa gembira sepanjang semua itu”, “mata yang melirik itu”, “tangan yang mengejek dan menghancurkan orang lain”, “kaki yang sangat ingin menimbulkan rasa sakit pada orang lain”, hingga “mulut yang tertawa akan ketidakberuntungan orang lain” rupanya merupakan ‘dosa’ yang mereka lakukan kepada Dong-Eun, sang korban bully

6. Cinta Lokasi Antagonis dan Protagonis

Lee Do Hyun dan Lim Ji Yeon “The Glory” berkencan (DISPATCH)

 

Hal unik lainnya yang terjadi setelah perilisan The Glory adalah dua aktor The Glory, Lee Do Hyun dan Lim Ji Yeon yang resmi pacaran. Kabar ini pun telah dikonfirmasi oleh masing-masing agensi aktor tersebut. 

Hal ini menarik karena keduanya memerankan karakter di jalur yang berbeda pada The Glory. Yeo-jeong merupakan karakter yang membantu pemeran utama untuk membalaskan dendam kepada para pem-bully, sementara Yeon-jin merupakan sosok penjahat utama karena telah mem-bully sang pemeran utama semasa SMA.

7. Gunakan Body Double dan Payudara CGI

aktris pemeran karakter Choi Hye-Jeong, Cha Joo Young di serial The Glory (INSTAGRAM/JOOYOUNGTHEJ)

 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, aktris pemeran karakter Choi Hye-Jeong, Cha Joo Young, menjelaskan bahwa pihak produksi menyiapkan body double (pemeran pengganti) dan CGI. Hal itu terkait dengan ramainya komentar mengenai karakter Hye-Jeong yang telah melakukan operasi pembesaran payudara. Akan tetapi, sang aktris tidak melakukan operasi tersebut. 

Oleh karena itu, ketika terdapat adegan Hye-Jong yang melepas busana, Joo Young pun menjelaskan bahwa punggung tersebut merupakan milik pemeran penggantinya. "Dalam adegan dengan Jaejoon, saat punggungku terlihat, digunakan body double. Tapi dalam adegan waktu aku memakai pakaian dan melepasnya, itu adalah tubuhku," tuturnya mengutip Liputan 6. Kemudian, adegan tersebut kembali disutiung lewat CGI agar mampu menunjukkan karakter Hye-Jeong, Kawula Muda! 

8. Daftar Pemeran The Glory

Karakter utama The Glory (INSTAGRAM/THE GLORY)

 

Terdapat berbagai aktor dan aktris berbakat yang berakting secara totalitas untuk memerankan karakternya di The Glory. Berikut daftarnya, Kawula Muda!

- Song Hye-Kyo sebagai Moon Dong-Eun

- Lim Ji-Yeon sebagai Park Yeon-Jin

- Lee Do-Hyun sebagai Joo Yeo-Jeong

- Cha Joo-Young sebagai Choi Hye-Jeong

- Jung Sung Il sebagai Ha Do-Yeong

- Kim Hieora sebagai Lee Sa-Ra

- Park Seung-Hoon sebagai Jeon Jae-Joon

- Kim Gun-Woo sebagai Son Myeong-Oh

- Yeom Hye-Ran sebagai Kang Hyun-Nam

- Oh Ji-Yul sebagai Ha Ye-Sol

Berita Lainnya