5 Rekomendasi Restoran Keluarga yang Cocok untuk Buka Puasa!

Mana yang akan segera lo kunjungi, Kawula Muda?

Ilustrasi buka puasa bersama keluarga di bulan Ramadan (ISTOCK)
Fri, 31 Mar 2023

Pada bulan Ramadan, ritual wajib yang dilakukan oleh masyarakat adalah menyiapkan daftar restoran untuk acara buka puasa bersama. Baik dengan keluarga maupun kerabat terdekat, restoran yang cocok tentunya harus memiliki suasana yang nyaman, tempat yang luas, dan makanan yang enak. 

Untuk Kawula Muda yang sedang bingung, tenang aja ya! Berikut 5 rekomendasi restoran yang cocok untuk berbuka puasa di bulan Ramadan bersama keluarga! 

1. Remboelan Restaurant

Suasana makanan berbuka puasa di Ramboelan Restaurant (INSTAGRAM/RAMBOELAN SOUL FOOD)

  

Ingin merasakan buka puasa dengan takjil dan dilengkapi sensasi minuman tradisional rasa asli kuliner nusantara? Jangan ragu untuk coba mampir ke Remboelan Resto ya! 

Minuman unggulan dari restoran ini adalah Es kopi Jelly, Wedank Remboelan, Es Podeng, hingga Selendang Mayang. Banyak memiliki cabang, Remboelan khas akan suasana etnik tradisional Indonesia yang Premium sehingga tetap menciptakan suasana yang glamor. 

Menu makanannya pun beragam dan terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari appetizers, main courses, desserts, hingga beverages tersedia lengkap di restoran keluarga ini. Untuk lo yang bingung, beberapa menu favoritnya adalah Perkedel Jagung Sambal Roa Gorontalo, Nasi Bakar Roa, dan Nasi Bakar Tongkol Asap Cabai Hijau. Menggiurkan sekali bukan?

Info selengkapnya bisa lihat di Instagram @remboelansoulfood.

2. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo merupakan salah satu restoran buka puasa yang menjadi favorit banyak orang (BEBEK KALEYO)

 

Suasana hangat dan nyaman dari restoran ini menjadi favorit dan sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan kerabat, terutama pada bulan Ramadan. Nama Bebek Kaleyo juga sudah tidak asing di benak masyarakat karena kepopulerannya yang kian meroket.

Restoran spesialis bebek ini menawarkan tekstur daging yang empuk dan dipadu dengan sambal merah khas kaleyo yang penuh cita rasa. Menu favoritnya adalah Bebek Muda setengah ekor porsinya dengan porsi cukup besar sehingga mampu  memuaskan hati konsumen. 

Selain itu, terdapat pula beberapa pilihan desert seperti es cendol dawet sebagai takjil dan dimsum untuk disantap kala mulai berbuka puasa. Begitu Pula dengan hidangan utama di Bebek Kaleyo seperti nasi campur bebek, nasi goreng kulit bebek, bebek muda setengah ekor, bebek goreng kampung, bebek utuh, dan bebek bakar. 

Tak kalah lezat, ada pula pilihan untuk Sayur lodeh, Sayur asem dan sate bebek sebagai pelengkap hidangan utama. Untuk seluruh varian Bebek dari restoran ini dijual  mulai dari 30 ribu an saja loh! Untuk informasi promo lebih lanjut, lo dapat langsung mengeceknya di akun Instagram resmi @bebekkaleyo76.

3. Penang Bistro

Berbagai menu rekomendasi untuk buka puasa di Penang Bistro (INSTAGRAM/PENANGBISTRO.ID)

 

Pilihan tempat buka puasa ramah keluarga lainnya bisa lo kunjungi adalah Penang Bistro. Merupakan restoran kontemporer yang memberikan suasana exclusive dining area, restoran yang satu ini menyuguhkan keragaman kuliner peranakan Malaysia. 

Jika datang ke tempat ini lo akan merasakan kesejukan tempat karena dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang menambah rasa nyaman kala berbuka. Untuk lo yang bingung ingin memesan apa, makanan favorit Penang Bistro adalah Roti Canai Chicken Curry (pancake garing ala India dengan saus kari ayam) dan Mango Chicken (Ayam goreng saus mangga).

Lebih lanjut, ada pula Steamed Fish Malacca Kampoeng Style (ikan kerapu dengan saus Malaka), Jumbo Prawn with Chef’s Special Sauce (udang jumbo dengan saus khas Penang Bistro), Sizzling Beef (Daging Australia dengan saus asam manis di atas hotplate), hingga Singapore Crispy Sotong (Sotong garing dengan saus Singapura). Menu lainnya bisa lo lihat di @penangbistro.id ya Kawula Muda.

4. Bengawan Solo Restaurant, Grand Sahid Jaya Jakarta

Suasana di Bengawan Solo Restaurant (TRIPADVISOR)

  

Bengawan Solo Restaurant, Grand Sahid Jakarta juga dapat menjadi restoran berbuka puasa yang apik. Dengan lokasi strategisnya di tengah pusat kota, restoran ini ramai ditangani pengunjung khususnya pada bulan Ramadan. 

Selama ini, ciri khas budaya Jawa menjadi ikon Bengawan Solo Restaurant. Menu yang disajikan dan nuansa restoran pun kental dengan unsur Jawa. Walau begitu, resto ini hadir dengan sentuhan kreatif dalam suasana lebih modern, dan mengandalkan menu Lokal dengan tidak terpatok pada menu Jawa saja. 

Salah satu hidangan penutup eksotiknya yang bisa menjadi takjil favorit lo adalah Cinnamon Experience, dua mangkuk yang tersusun dua di tangan pelayan menyita perhatian pengunjung karena mengeluarkan asap dari es kering yang disiram air hangat di dasar mangkuk. Lo bisa cek informasi lengkap dan promo yang mereka tawarkan di @bengawansolocoffeeindonesia.

5. Talaga Sampireun

Suasana menenangkan di Telaga Sampireun (INSTAGRAM/TELAGASAMPIREUN)

 

Talaga Sampireun merupakan restoran khas sunda yang dijamin mampu membuat lo rindu untuk menikmati suasana desa. Alunan lagu Sunda ditambah suasana makan di saung tentu mampu menghilangkan penat sejenak dari suasana sibuk ibu kota. 

Tak hanya suasananya saja, menu di Talaga Sampireun juga dijamin cocok untuk berbuka puasa. Mereka menyajikan berbagai macam minuman segar hingga makanan berat mulai dari seafood hingga nasi liwet. Menu favoritnya adalah gurame goreng sambal mangga, udang saus telur asin, dan sate ayam. Untuk menu lain dan suasana tempatnya, lo bisa lihat di Instagram @talagasampireun.

Berita Lainnya