IZ*ONE Dilaporkan Akan Bersatu Kembali, CJ ENM Beri Tanggapan Resmi

Kawula Muda, IZ*ONE telah resmi bubar pada April lalu.

IZ*ONE, girlgroup yang terdiri dari 12 member. (TWITTER/IZONE)
Sat, 19 Jun 2021

Girlgroup IZ*ONE dikabarkan akan melakukan debut ulang setelah sempat bubar. IZ*ONE resmi bubar pada 29 April 2021 karena masa kontrak dengan agensi yang menaungi mereka telah habis.

Grup yang dibentuk pada 2018 sebagai proyek sementara dari program audisi Mnet “Produce 48” ini berhasil memberikan angin segar di industri musik K-Pop dengan gaya musik mereka. Setelah melakukan debut pada Oktober 2018, IZ*ONE terus melakukan promosi secara bersama dan akhirnya resmi bubar.

Setelah bubar, setiap anggota IZ*ONE kemudian dikembalikan ke perusahaan agensi asal mereka. Namun, para penggemar IZ*ONE yang tidak rela grup ini bubar akhirnya membuat penggalangan dana besar-besaran demi mempertahankan grup.

Pada 21 April 2021, 15 fanbase Korea dari para penggemar IZ*ONE yang kerap disebut WIZ*ONE meluncurkan “Parallel Universe Project” dengan tujuan mengumpulkan dana untuk IZ*ONE yang dinilai masih memiliki masa depan secara bersama-sama.

Hanya dalam 10 menit setelah pelucuran, proyek yang dilakukan melalui platform crowdfunding Korea, WADIZ, berhasil mengumpulkan dana hingga 738 juta won atau sekitar Rp 9,4 miliar. Dana terus bertambah dan totalnya hingga kini telah mencapai 3,18 miliar won atau sekitar Rp 40 miliar.

Dengan jumlah dana yang fantastis, para penyelenggara proyek tersebut kemudian berusaha untuk berhubungan dengan setiap agensi dari beberapa anggota. Selama dua bulan berusaha, akhirnya dikonfirmasi bahwa sebagian besar agensi dari setiap anggota IZ*ONE telah menyatakan minatnya untuk merilis kembali grup tersebut.

Hanya satu agensi Korea dan satu agensi Jepang yang belum menyetujui gagasan untuk mendebutkan kembali grup. Namun, hingga kini mereka masih berupaya meyakinkan mereka untuk bergabung.

Tanggapan pihak CJ ENM

Menanggapi kabar ini, pihak CJ ENM selaku perusahaan induk Mnet telah mengeluarkan pernyataan resmi pada 19 Juni 2021. Menurut mereka, hingga saat ini diskusi tentang masa depan IZ*ONE masih berlangsung dan belum ada yang diputuskan.

“Mengenai IZ*ONE kembali bersama, sementara kami sedang berdiskusi dengan agensi setiap anggota dan membuka berbagai kemungkinan, tidak ada yang diputuskan,” ujar seorang juru bicara CJ ENM seperti yang dikutip dari Soompi.

Pihak CJ ENM juga mengucapkan terima kasih kepada para WIZ*ONE yang telah mengumpulkan dana. Mereka menjelaskan bahwa bahkan jika IZ*ONE kembali bersama, CJ ENM tidak akan menggunakan dana yang dikumpullkan oleh penggemar untuk membiayai perilisan grup di masa mendatang.

“Namun, bahkan jika IZ*ONE kembali berama dan kami bergerak maju dengan produksi album baru, kami berencana untuk mendanainya sendiri,” menurut pihak CJ ENM.

Apakah kalian berharap IZ*ONE bakal kembali bersama?

Berita Lainnya