Miliki Gangguan Kecemasan, Billie Eilish Tidak Bisa Jauh dari Orang Tua

Karena takut akan ada 'kalajengking' di lantainya, Kawula Muda!

Billie Eilish di panggung Coachella 2022. (REUTERS)
Mon, 27 Jun 2022


Billie Eilish mengaku memiliki separation anxiety atau gangguan kecemasan ketika harus berpisah dengan keluarganya. Dalam kasus Billie, ia tidak bisa terlalu lama berpisah dengan kedua orang tua maupun kakaknya. 

“Saya tidak bisa jauh dari orang tua saya,” tutur musisi 'Happier Than Ever' tersebut mengutip Kompas pada Senin (27/06/2022).

Penyanyi dan penulis lagu Amerika, Billie Eilish. (TWITTER/MTV)

  

Adapun karena gangguan kecemasan tersebut, Billie mengatakan bahwa ia tidur sekamar dengan orang tua dan kakak laki-lakinya hingga berusia 11 tahun. 

“Saya khawatir tentang apa yang akan terjadi pada mereka, saya khawatir tentang apa yang akan terjadi pada saya, saya khawatir akan dilupakan,” lanjutnya.

Bahkan, Billie mengatakan akan berteriak ketika tidak menemukan orang tuanya di kegelapan. Ia takut akan terdapat kalajengking di lantai kamarnya.

Apa Itu Separation Anxiety?

Separation anxiety disorder (SAD) adalah salah satu jenis gangguan kecemasan yang umum terjadi pada anak-anak. 

Sebenarnya, memang adalah hal yang lumrah apabila seorang anak merasa takut ketika tidak bersama orang tuanya, terutama saat masih bayi maupun balita. Namun, hal tersebut tidak dapat terjadi terus-menerus, Kawula Muda!

Umumnya, seorang anak yang sudah berusia lebih dari tiga tahun dapat ditinggal sebentar oleh orang tuanya. Namun, apabila ia benar-benar tidak dapat ditinggal sedetik pun oleh sang orang tua, maka mungkin saja anak tersebut mengalami separation anxiety disorder. 

Waktu Tidur dengan Orang Tua

Sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa akan lebih baik apabila seorang anak mulai tidur terpisah dari orang tua pada usia 1,5 tahun. Adapun hal tersebut disebut demi faktor kemandirian dan keamanan sang anak.

Namun, orang tua di Indonesia sering kali baru membiasakan tidur di kamar terpisah pada saat sang anak menginjak bangku sekolah dasar. 

Berita Lainnya