Paul McCartney Puji BTS dan Samakan dengan The Beatles

Hai Kawula Muda, setuju enggak kalau BTS disamakan dengan The Beatles?

Paul McCartney dan grup asal Korea Selatan BTS. (SOOMPI)
Mon, 30 Nov 2020

Paul McCartney, musisi dan personel band legendaris asal Inggris The Beatles, belum lama ini memberikan komentar tentang BTS. Ia juga membandingkan boygroup asal Korea tersebut dengan The Beatles.

Paul yang muncul sebagai bintang tamu dalam podcast Smartless di Apple Podcast sepekan lalu, ditanya apakah ada band atau boygroup yang sekarang sedang didengarnya. Ia pun menjawab dengan menyebut nama BTS

Bahkan, musisi berusia 78 tahun itu tanpa ragu memuji BTS. Paul juga mengatakan bahwa perjalanan BTS sama dengan yang pernah dia lalui bersama The Beatles.

“Yang kami jalani mirip BTS, teman Koreaku. Saya suka menonton kalian,” ujarnya dikutip dari Koreaboo.

“Aku mungkin tidak bisa menyanyikan lagu mereka, tapi aku suka mendengarkannya,”ujar Paul yang menyebut BTS luar biasa.

Persamaan The Beatles dan BTS

The Beatles dan BTS adalah sedikit dari banyak grup di luar Amerika Serikat yang berhasil menembus negara yang diakui sebagai kiblatnya industri musik di dunia tersebut. 

Penggemar kedua grup, yakni Beatlemaniacs dan ARMY, memiliki euforia dan kekuatan luar biasa dalam menunjukkan keberadaan grup mereka pada dunia.

BTS juga menjadi grup pertama setelah The Beatles yang berhasil menempatkan tiga album mereka ke posisi puncak Billboard Album hanya dalam waktu satu tahun.

Patahkan kutukan dan penghargaan yang diraih

Untuk urusan penghargaan, kedua grup ini juga berhasil menyingkirkan kutukan “boy band tak layak jadi nomine penghargaan musik”.

Sepanjang kariernya, The Beatles sudah memenangi 10 penghargaan Grammy Awards, termasuk kategori Lifetime Achievement Awards pada 2014.

Sementara itu, BTS tahun ini masuk sebagai nomine Grammy Awards 2021 untuk katgeori Best Pop Duo/Group Performance, sekaligus mencetak sejarah sebagai grup K-Pop pertama yang berhasil meraih nomine dalam ajang ini.

Meniru aksi sang grup legendaris dalam melakukan debut di Amerika Serikat, beberapa waktu lalu di acara The Late Show with Stephen Colbert, BTS tampil menyanyikan Boy With Luv dengan mengenakan jas hitam ikonik ala The Beatles. 

Berita Lainnya