Selain Rusun “Pengabdi Setan 2”, Ini Lokasi Syuting Film Horor di Indonesia yang Enggak Kalah Seram

Kawula Muda, ada yang mau berkunjung ke lokasi syuting film horor ini enggak?

Adegan Rini (Tara Basro) berjalan di rusun tempat tinggalnya (YouTube/Rapi Film)
Tue, 09 Aug 2022


Kepopuleran film Pengabdi Setan 2 membuat lokasi syuting film tersebut yang terletak di rumah susun alias rusun Pasar Sumber Arta, Bekasi, menjadi viral di media sosial. Akibatnya, lokasi syuting tersebut mendadak jadi tempat wisata yang ramai dikunjungi karena saking banyaknya orang yang merasa penasaran ingin melihat langsung.

Bangunan rusun yang terbengkalai selama 15 tahun ini dipilih oleh Joko Anwar setelah berbulan-bulan ia tidak dapat menemukan tempat yang cocok untuk syuting film. Kabarnya, rusun ini adalah proyek pemerintah yang mangkrak dan tidak berpenghuni bertahun-tahun.

Selain rusun Pasar Sumber Arta, ada beberapa lokasi yang menjadi terkenal setelah dijadikan lokasi syuting film horor Indonesia. Bahkan lokasi syuting tersebut enggak kalah seram dari lokasi syuting film Pengabdi Setan 2. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Rumah tua Pengalengan – film Pengabdi Setan 

Penonton film Pengabdi Setan karya Joko Anwar pasti sudah tidak asing lagi dengan lokasi syuting yang satu ini. Dalam film, rumah tua berdinding kayu ini digambarkan sebagai bagian depan rumah tempat tinggal ibu. Rumah yang kental aura mistis ini berlokasi di kawasan PTPN VII, Kampung Kertamanah, Desa Margamuksi, Pengalengan, Bandung. Lokasinya yang berada di tengah perkebunan luas membuat suasana rumah menjadi semakin seram. Konon, dulunya rumah itu dibangun oleh seorang juragan kebun teh untuk dijadikan tempat tinggal para pekerjanya. Namun, sudah lama tidak ditinggali lagi.

Alas Purwo – film KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari yang menjadi salah satu film horor terlaris di Indonesia melakukan syutingnya di kota Yogyakarta. Tepatnya di sebuah rumah yang berada di tengah perkebunan Pedukuhan Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kabarnya, setelah digunakan menjadi lokasi syuting film horor, rumah tersebut langsung tidak ditempati lagi.

Selain itu, syuting juga dilakukan di Alas Purwo yang terkenal sebagai salah satu hutan tertua di Jawa. Tempat ini sudah sejak lama dikenal dengan aura mistisnya. Kabarnya, banyak penduduk setempat yang melihat penampakan mahkluk gaib di sekitar hutan. Konon, Alas Purwo sering disebut sebagai tempat kerajaan jin terbesar di Indonesia.

Pulau Satonda – film Jailangkung

Pada 2017, pihak produksi film Jailangkung memilih pulau Satonda yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai lokasi syuting. Di balik keindahan alamnya, ternyata pulau Satonda menyimpan sejuta misteri yang sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat sekitar. Katanya, pulau itu dulunya pernah dijadikan tempat pengasingan seorang putri raja yang kemudian memilih untuk bunuh diri di tempat itu.

Lawang Sewu – film Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak

Lawang Sewu, Sekayu, Semarang City, Central Java, Indonesia. (UNSPLASH)

 

Film yang dibuat berdasarkan legenda urban hantu Belanda di Lawang Sewu ini memilih untuk memakai bangunan aslinya sebagai lokasi syuting film. Bangunan perkantoran yang terletak di seberang Tugu Muda, Semarang ini memiliki desain dengan gaya art deco Eropa dan kabarnya memiliki lebih dari seribu pintu sehingga dinamakan Lawang Sewu alias pintu seribu.

Di balik kemegahan bangunannya, ternyata Lawang Sewu menyimpan sejumlah cerita mistis. Menurut mitos, pada saat penjajahan Jepang, banyak noni Belanda yang diperkosa di tempat ini. Setelah diperkosa, para noni Belanda itu langsung dipenggal kepalanya oleh para tentara Jepang. Konon, sering terlihat penampakan noni Belanda di bangunan itu, serta terdengar suara teriakan kesakitan, hingga tangisan saat malam hari.

Benteng Pendem – film Kuntilanak 3

Benteng tua peninggalan Belanda yang berlokasi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini terkenal sebagai tempat yang cukup angker oleh masyarakat sekitar. Tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting film Kuntilanak 3 sebagai sekolah Mata Hati. Konon, Benteng Pendem dipercaya sebagai sarangnya siluman ular dengan energi negatif. Beberapa pengunjung Benteng Pendem kabarnya pernah mengalami kejadian aneh bahkan ada pula yang kerasukan roh halus.

So, Kawula Muda, tertarik enggak untuk mendatangi lokasi syuting film horor ini?

Berita Lainnya